7 Tips Sukses Interview Kerja Terampuh

Tips sukses  interview kerja –Setiap kita pasti membutuhkan perkerjaan untuk memenuhi kebutuhan hidup kita. Untuk mendapatkan pekerjaan bukanlah sebuah perkara yang mudah. Selain harus menyiapakan diri serta berbagai dokumen, kita juga harus bersaing dengan para pencari kerja lainnya. Untuk dapat memenangkan persaingan, persiapkan semua proses seleksi karyawan dengan baik.

Interview Kerja merupakan salah satu tahapan proses seleksi calon pekerja yang paling penting setelah proses psikotes. Kegiatan wawancara dalam interview kerja dilakukan oleh penginterview untuk mendapatkan informasi yang di butuhkan dari pencari kerja. Informasi – informasi tersebut yang akan menjadi dasar keputusan diterima tidaknya pencari kerja tersebut. Oleh karena itu, Sebagai seorang pencari kerja, tahapan interview kerja harus dipersiapkan dengan baik. Dalam artikel ini,  kami akan membahas berbagai Tips sukses interview kerja. Berikut adalah beberapa Tips Sukses interview kerja tersebut.

  1. Carilah Informasi Terkait Dengan Pekerjaan dan Perusahaan

Mendapat Informasi terkait pekerjaan serta profil perusahaan yang anda lamar merupakan suatu keharusan bagi para pencari kerja. Dengan informasi tersebut, kita dapat mengetahui uraian pekerjaan, peran, dan tanggung jawab dari pekerjaan yang kita lamar. Informasi tersebut akan sangat dibutuhkan dalam menjawab saat proses interview kerja. Kita dapat mencari informasi tersebut melalui website perusahaan, situs lowongan kerja, maupun dari informasi kenalan yang bekerja di perusahaan yang kita lamar. Pencarian informasi ini sebaiknya juga dilakukan sebelum mengirim Surat lamaran kerja umum yang baik dan benar agar sesuai dengan keinginan dan kemampuan anda.

  1. Buat List Pertanyaan Dan Jawaban 

Dengan adanya list pertanyaan dan jawaban, akan mampu membuat para pencari kerja persiapan yang lebih matang sebelum menghadapi interview kerja. Susunlah sendiri list ini dengan bersumber dari berbagai macam informasi, dengan menyusun list ini sendiri maka akan memudahkan untuk mengingatnya. Agar jawaban yang anda berikan pada saat interview kerja terlihat mengalir dan apa adanya, jangan menghafal kata demi kata dari list yang anda buat, cukup memahami dan mengingat intinya saja. Contoh pertanyaan dan jawaban penting pada saat interview kerja dapat anda lisat di artikel lain pada situs ini.

  1. Perhatikan Penampilan Anda

Penampilan anda dapat mengambarkan siapakah diri anda. Bagi HRD perusahaan, yang memiliki dasar ilmu psikologi, melihat kepribadian seseorang melalui penampilan dan cara berpakain merupakan perkara yang bisa dikatakan mudah. Oleh sebab itu, Perhatikan penampilan dan cara berpakaian anda pada saat interview kerja. Penampilan bisa saja menjadi salah satu poin dalam peraturan perusahaan yang anda lama. Untuk itu, gunakan pakaian yang formal, rapi, bersih, dan tidak berlebihan.

  1. Persiapkan Mental Dan Bersikaplah Tenang

Mental dan sikap tenang menjadi salah satu kunci untuk menghadapi interview kerja dengan baik. Siapkan mental dan percayakan diri anda bahwa anda akan melalui interview kerja ini dengan baik. Agar anda dapat berisikap, beri stamina kepada perut anda dengan sarapan atau makan terlebih dahulu tapi jangan sampai kekenyangan. Selain itu pergi ke kamar mandi sebelum giliran anda untu interview juga dapat menurunkan ketegangan.

  1. Perhatikan Pertanyaan Dengan Baik

Kunci dari baik atau tidaknya jawaban yang anda berikan pada saat interview kerja adalah kesesuaiannya dengan pertanyaan yang diberikan. Perhatikan pertanyaan dengan baik dan pahami inti dari pertanyaan tersebut sehingga jawaban yang anda berikan sesuai dan dapat diterima dengan baik.

  1. Jawab Dengan Singkat, Jelas, dan Tajam

Setelah memahami pertanyaan dengan baik, jawablah pertanyaan tersebut dengan singkat tanpa bertele – tele, jelas, dan langsung mengarah kepada inti dari pertanyaan yang di berikan. Jawablah pertanyaan dengan perlahan dan tidak tergesa – gesa agar kata demi kata yang keluar dari anda bisa dicerna dengan baik. Selalu usahakan agar jawaban yang anda jawab tetap sama dan konsisten bila ada pengulangan pertanyaan dari penginterview.

  1. Buat Suasana Interview menjadi Cair

Jangan sampai anda terlihat tegang seperti sedang dalam kondisi di sidang. Proses interview bukan hukum – menghukum atau interograsi, tapi hanya ingin mengali potensi dan kesesuaian anda dengan pekerjaan yang di lamar serta untuk mendapatkan tipe karyawan yang sesuai. Senyum dan selalu usahakan untuk mencarikan suasana akan membuat jawaban yang keluar dari mulut anda terkesan baik dan mudah di pahami. Selalu gunakan kesempatan bertanya yang di berikan oleh penginterview agar proses interview kerja juga berjalan dua arah. Sehingga terlihat bahwa anda memiliki keseriusan untuk mendapatkan perkerjaan tersebut.

Tips sukses interview  itulah yang dapat diberikan dalam artikel ini. Tips tersebut dihimpun dari berbagai pengalaman dan saran HRD yang telah berpengalaman dalam proses interview kerja.

Selalu persiapkan diri anda dalam setiap proses perekrutan agar anda bisa mendapatkan pekerjaan yang dinginkan. Ingat dan tekankan pada diri anda bahwa kesempatan yang sama tidak akan pernah datanh dua kali dan kesempatan lainnya belum tentu akan muncul lagi, maka persiapakan dan berikan jawaban terbaik dari anda pada saat interview kerja.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Hubungi Kami
kontak

JasaRekrutmen.com

Mal Taman Palem lt.2 blok C no.65
JL. Kamal Raya, Cengkareng, RT.13/RW.10, Cengkareng Timur, Cengkareng, Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11730
Phone : 021 - 54352156
Call / Sms : 082113900880