Tips Sukses Interview yang Wajib Dilakukan

Tips sukses Interview kerja yang merupakan bagian yang paling mendebarkan dalam proses seleksi karyawan di sebuah perusahaan, agar tidak merasa gugup dan panik saat melakukan proses wawancara atau interview kerja ada beberapa tips sukses dalam interview dan kiat-kita agar dapat dengan mudah lolos tahap interview, dan berikut adalah tips sukses dalam interview kerja.

1.Survey Tempat Interview

Tips sukses interview yang pertama adalah mengetahui lokasi  tempat diselenggarakanya interview adalah bagian yang sangat penting, ketika kita ada di kota tempat penyelenggaraan, survey lokasi adalah tindakan yang sangat tepat, akan tetapi jika lokasi berada di luar kota bisa juga di siasati dengan bertanya kepada saudara atau rekan, atau dengan mencari tahu posisi tepat tempatnya. hal ini dilakukan agar kita bisa datang tapat waktu pada saat melakukan interview kerja tanpa harus mencari-cari tempatnya dulu sebelumnya.

2. Mengenal Perusahaan

Mengenal lebih dekat perusahaan dengan cara mencari tahu seluk beluk perusahaan tersebut di internet atau menayakan langsung kepada orang yang sudah terlebih dahulu bereja di perusahaan tersebut. Data yang sangat diperlukan bisa berupa visi misi perusahaan, nama-nama pemangku kepentingan, dan juga bidang yang digeluti perusahaan tersebut.

3. Mengenal Posisi Yang di Lamar

Mengetahui dengan baik mengenai posisi yang dilamar adalah hal yang sangat penting, sebisa mungkin kita mencari tahu deskripsi pekerjaan yang akan dilamar dan mempersiapkan matang-matang dengan materi dan pengalaman kerja jika ada untuk disampaikan kepada pewawancara.

4. Mencari Tahu Proses Interview di Perusahaan tersebut

Hal lain yang merupakan tips lolos interview adalah mengetahui alur wawancara di perusahaan tersebut, karena di setiap perusahaan akan melakukan sistem dan pola yang berbeda pada proses penerimaan karyawanya.

5. Mencari Tahu Siapa yang Menginterview

Tips sukses interview selanjutanya dalah mencari tahu tentang siapa orang yang akan menginterview kita juga merupakan suatu hal yang tidak ada mudhorotnya, ketika tahu siapa yang akan mewawancarai kita setidaknya kita bisa tahu bagaimana harus bersikap pada saat interview. Orang yang meninterview biasanya adalah seorang peokolog atau user dari perusahaan tergantung peraturan perusahaan masing-masing.

6. Mempersiapkan Perkenalan Singkat

Persiapkan dengan matang mengenai apa saja yang akan disampaikan ketika dipersilahkan untuk mengenalkan diri secara singkat, pengenalan ini harus dimanfaatkan secara baik, masukan poin poin penting seperti lulusan dari mana, penghargaan yang pernah diaraih, ataupun pengalaman bekerja/berorganisasi.

7. Membaca Kembali CV yang Telah di Serahkan Pada Perusahaan

Sebelum melakukan proses interview, tentu saja perusahaan sudah memengang riwayat hidup yang telah kita berikan sebelumny (CV), sebaiknya kroscek ulang CV yang kita berikan pada perusahaan dan jawaban apa yang akan kita sampaikan, agar tidak tekesan plin-plan dan terjadi ketidaksesuaian jawaban.

8. Mempersiapkan Jawaban

Pada saat ingin melakukan inteview, setelah tahap riset tentu kita sedikitnya akan tahu pertanyaan apa saja yang akan dilontarkan. Pesiapkan dengan matang jawaban yang akan disampaikan atau kalau bisa susun dalam sebuah catatan yang mudah dibawa dan dihafal.

9. Mempersiapkan Pertanyaan untuk Pewawancara

Tips sukses interview berikutnya adalah ketika sudah menyampaikan jawaban, tidak ada salahnya kita bertanya kepada pewawancara mengenai suatu hal yang ingin kita ketahui, mempertanyakan persoalan menjadikan kita terlihat kritis dan mau belajar.

10. Datang Tepat Waktu

Pada saat melakukan interview kerja, hal yang paling penting adalah datang dan tiba tepat waktu di lokasi interview. Kedisiplinan sangat menentukan kita tidak mempunyai kecenderungan menjadi karyawan yang malas.

11. Menggunakan Busana yang Sesuai

Penampilan yang menarik adalah nilai tambah bagi perusahaan yang sedang melakukan proses pencarian karyawan baru, menggunakan busana yang rapih, sopan, dan sesuai bisa mempengaruhi pendapat para pawawancara mengenai pribadi anda yang tidak serampangan. Persiapkan diri sedini mungkin agar kita bisa menjadi tipe karyawanyang disukai atasan.

12. Membuat Kesan Pertama Semenarik Mungkin

Buatlah kesan pertama semenarik mungkin, seperti misalnya mengucapkan “selamat pagi”, menjabat tangan pewawancara dengan profesional, dan ajangan lupa pula untuk sering tersenyum, kesan pertama yang menarik akan menguntungkan anda dalam proses perekrutan pegawai selanjutnya.

13. Memperhatikan Gestur Tubuh

Salah satu hal yang jarang diberikan perhatian besar oleh orang yang akan melakukan wawancara kerja adalah gestur tubuh dalam berbicara. Sebenarnya hal ini adalah hal yang paling mendapat perhatian penuh pihak yang mewawancarai, gestur tubuh bisa menjadi acuan apakah sikap anda adalah seorang yang tegas, percaya diri, ragu-ragu dalam menjawab pertanyaan dan menyampaikan pernyataan. Sebaiknya sebelum melakukan wawancara sering-seringlah berbicara sendiri sambil berkaca, tips ini baik sekali untuk dilakukan.

14. Mematikan Telepon Selular

Sebagai generasi yang sudah sangat ketergantungan dengan telepon seluler, tentu saja kita akan membawanya kemana-mana, tak terkecuali saat sedang melakukan interview kerja. sebaiknya matikan dering telepon anda agar nanti tidak akan mengganggu proses interview.

15. Meninggalkan kesan Positif

Tinggalkan kesan positif dari keseluruhan proses interview yang telah dilaksanakan dengan penutupan misalnya mengucapkan “terimakasih atas waktunya”, “selamat siang”, “semoga bisa bertemu kembali alam tahap berikutnya” atau kata-kata sopan lainnya.

Tips sukses interview yang terdiri dari 15 tips diatas adalah kita bagaimana menjalankan interview kerja untuk perusahaan secara umum, semoga artikel ini dapat membantu memberikan wawasan mengenai dunia kerja dan bermamfaat bagi pembaca.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Hubungi Kami
kontak

JasaRekrutmen.com

Mal Taman Palem lt.2 blok C no.65
JL. Kamal Raya, Cengkareng, RT.13/RW.10, Cengkareng Timur, Cengkareng, Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11730
Phone : 021 - 54352156
Call / Sms : 082113900880