Tips Menjawab Pertanyaan Interview Kerja yang Benar

Tips menjawab pertanyaan interview kerja – Setiap perusahaan pasti ingin mendapatkan tipe karyawan yang sesuai bagi kemajuan perusahaannya. Kegiatan interview kerja merupakan bagian dari proses seleksi karyawan yang wajib dan menjadi hal penting. Sebagian besar dari kita pasti pernah mengalami interview kerja tersebut sebelum mendapatkan pekerjaan. Sebagian besar yang lain terutama lulusan baru, baru akan mengalami proses interview kerja. Hal besar yang pasti ada dibenak mereka yang akan mengalami interview kerja pertama kali adalah pertanyaan – pertanyaan apakah yang akan ditanyakan pada saat interview kerja tersebut.

Dalam artikel ini, kita akan memberikan tips menjawab pertanyaan interview kerja yang dapat digunakan sebagai bahan persiapan untuk menghadapi interview kerja dengan sukses. Pertanyaan – pertanyaan tersebut merupakan pertanyaan yang sering dan pasti akan di tanyakan oleh HRD perusahaan.

Berikut adalah cara menjawab pertanyaan interview kerja, sebagai salah satu tips sukses interview kerja, yang terdiri atas pertanyaan umum yang sering ditanyakan. Pertanyaan tersebut dikelompokan menjadi 3 bagian berikut :

1. Kepribadian dan Jati diri

Pertanyaan – pertanyaan yang muncul dibagian ini memiliki tujuan untuk menggali kepribadian calon karyawan dan kesesuaiannya dengan perkerjaan yang akan di isi. Jawaban yang muncul dari calon karyawan pada bagian ini akan disesuaikan dan di cocokkan dengan tahapan Psikotes sebelumnya. Contoh soal psikotes dan jawabanya dapat anda pelajari sebagai bahan acuan anda untuk menjawab pertanyaan yang muncul dibagian ini. Berikut pertanyaan – pertanyaan tersebut antara lain :

  • Ceritakan Tentang Diri Anda ?

Pertanyaan ini biasanya akan muncul diawal Interview, jawaban yang diberikan pada pertanyaan ini sangatlah penting. Persiapakan jawaban singkat dan jelas terkait dengan profil diri untuk memberikan kesan awal yang baik.  Dalam menjawab pertanyaan ini kita bisa memulai menjelaskan tentang nama, jurusan dan tempat memperoleh gelar. Setelah itu, mulai masuklah untuk menjelaskan hal penting yang tercantum dalam surat lamaran kerja umum yang baik dan benar serta resume atau CV.

  • Sebutkan 3 Kelebihan  dan Kekurangan Anda?

Munculnya pertanyaan ini kadang kala selalu membuat kita binggung untuk memberikan jawaban. Dalam menjawab pertanyaan ini, sebaiknya bersikaplah jujur dan sesuaikan dengan lowongan pekerjaan yang dilamar. Untuk memudahkan menjawab pertanyaan ini, tanyakan pendapat kepada teman, atasan, atau rekan kerja terdahulu tentang kelebihan dan kekuarangan yang dimiliki. jawaban terkait kekurangan sebaiknya juga memiliki penjelasan tentang bagaimana menangani kekurangan tersebut.

  • Mengapa anda ingin keluar dari pekerjaan yang lama?

Pertanyaan ini muncul bila sudah pernah bekerja di tempat lain. Ceritakanlah apa yang membuat anda keluar dari pekerjaan lama dengan bijak. Sebagai karyawan yang baik, janganlah menceritakan kekurangan atau kejelekan perusahaan lama pada saat menjawab pertanyaan ini meskipun ada perlakuan yang kurang baik dari perusahaan lama.

  • Mengapa anda tertarik dengan pekerjaan yang dilamar?

Anda dapat menjelaskan terkait alasan untuk melamar pekerjaan tersebut. Carilah informasi terkait pekerjaan yang anda lamar untuk dapat memberikan jawaban yang baik. Jangan hanya terfokus pada benefit besar tapi juga kepada tantangan dan kesempatan – kesempatan yang diberikan oleh perusahaan. Memberikan pujian terhadap perusahaan juga dapat meningkatkan kesan penginterview terhadap anda.

2. Pencair Suasana

Bagian ini akan muncul diawal – awal maupun di sela – sela proses interview kerja. Tujuannya adalah sebagai pembuka dari kegiatan interview kerja dan juga untuk mencarikan suasana agar tidak tegang. Suasana yang cair diperlukan penginterview untuk lebih mudah mendapatkan banyak informasi dari calon karyawan selama proses interview kerja. Berikut pertanyaan yang tergolong dalam bagian ini :

  • Bagaimanakah kabar anda ?
  • Mudahkah mencari tempat interview ini ?
  • Apakah anda sudah sarapan atau makan?
  • dll

Pertanyaan di bagian ini biasanya tidak akan terkorelasi langsung dengan hasil interview kerja anda. Namun, anda tetap perlu memberikan jawaban yang memiliki kesan positif terhadap pertanyaan tersebut untuk memperlihatkan keseriusan anda.

3. Pengalaman Kerja Dan Kecocokannya Dengan Pekerjaan Terkait

Bagi yang sudah pernah bekerja,pengalaman kerja anda akan di gali pada bagian ini untuk mengetahui kecocokan antara kemampuan anda dengan perkerjaan yang di lamar. Berikut pertanyaan yang dimaksudkan untuk mengetahui kemampuan anda :

  • Ceritakan tugas dan tanggung jawab anda di pekerjaan sebelumnya ?

Dibagian ini cobalah untuk menceritakan terkait pengalaman pekerjaan sebelumnya. Jelaskan terkait jobdesk yang anda kerjakan dan hubungkan dengan jobdesk perkerjaan yang di lamar. Dengan begitu anda akan dapat menunjukkan bahwa ada kecocokan terkait kemampuan dan pengalaman yang anda miliki dengan pekerjaan yang di lamar tersebut. Uraikan juga wewenang, tanggung jawab, serta jumlah bawahan anda. Buatlah struktur organisasi pekerjaan lama anda untuk memperlihatkan dimana letak posisi/ jabatan anda.

  • Apa rencana jangka pendek dan jangka panjang anda bila di terima di perusahaan ini ?

Uraikan rencana kerja anda dalam jangka pendek dan jangka panjang jika nanti diterima di perusahaan tersebut. Buatlah uraian rencana yang realistis untuk di capai. Memulai dengan melakukan pengenalan terhadap pekerjaan dan perusahaan selama awal anda masuk kerja bisa dijadikan rencana awal dalam jawaban anda. Untuk selanjutnya anda dapat memikirkan terkait hal yang bisa anda lakukan untuk perusahaan.

  • Bisa anda ceritakan prestasi kerja yang pernah di capai ?

Mendengar pertanyaan ini mungkin kita akan sedikit terdiam dan bingung. Tapi jangan menjawab bahwa anda tidak memiliki prestasi apapun. Jawablah dengan prestasi sederhana seperti tidak pernah terlambat masuk kerja, selalu mendapat feedback yang baik dari atasan, dapat mencapai target pekerjaan yang diberikan sebelum deadline, dll. Namun bila anda sudah memiliki prestasi yang berpengaruh langsung kepada perusahaan, anda bisa mengutarakannya.

Dalam interview kerja, pertanyaan – pertanyaan yang muncul akan saling berkesinambungan. Usahakan untuk selalu menjawab semua pertanyaan dengan konsisten. Berusaha selalu berikap jujur akan membantu anda memiliki jawaban yang baik. Dan ingat, selalu persiapkan semuanya dengan baik karena kesempatan belum tentu akan datang lagi.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Hubungi Kami
kontak

JasaRekrutmen.com

Mal Taman Palem lt.2 blok C no.65
JL. Kamal Raya, Cengkareng, RT.13/RW.10, Cengkareng Timur, Cengkareng, Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11730
Phone : 021 - 54352156
Call / Sms : 082113900880