4 Tipe Karyawan yang Disukai Atasan

Menjadi seorang pemimpin dalam sebuah perusahaan bukanlah suatu hal yang mudah, untuk dapat memimpin sebuah perusahaan ada baiknya untuk mengenal kepribadian atau karakter masing – masing karyawan. Di dalam sebuah perusahaan, karyawan merupakan sebuah kunci keberhasilan dan produktifitas sebuah perusahaan. Hal ini dikarenakan, tiap karyawan memiliki peran penting masing – masing untuk meningkatkan produktifitas perusahaan tersebut. Oleh karena itu, penting untuk perusahaan mengetahui kepribadian masing – masing karyawannya. Dengan mengetahui sisi negative karyawan, perusahaan bisa memberikan solusi apabila karyawan tersebut sedang mengalami masalah ataupun kendala.

Selain itu, karakter kepribadian yang dimiliki para karyawan juga akan mempengaruhi pembawaannya di lingkungan kerja dan cara Ia menjalankan tanggung jawab dan pekerjaannya. Perbedaan kepribadian karyawan ini, bisa menjadi suatu formula yang baik  ataupun tidak baik.  Dengan mengetahui karakter karyawan yang berbeda  – beda tersebut, pemimpin perusahaan bisa mengetahui potensi dari karyawan dan mengembangkannya untuk kemajuan perusahaan.  (Baca juga: Cara Memilih Karyawan)

1. Tipe Karyawan Sanguinis

Tipe karyawan ini biasanya memiliki karakter ceria, murah senyum, bersahabat, sangat aktif dan lincah. Jenis kepribadian ini biasanya suka bertemu dengan orang – orang baru dan cepat akrab dengan orang yang baru dikenalnya. Selain itu, ia merupakan tipe karyawan yang optimis dan terbuka dan akan dengan senang hati mengerjakan tugas yang diberikan kepadanya. Namun, kekurangan dari tipe karyawan ini adalah kurang disiplin, pelupa, mudah terpengaruh dan cenderung mudah merasa tertekan atau stress. Salah satu cara untuk menghadapi karyawan ini yaitu, memberikannya perhatian, karena kurangnya perhatian dari lingkungan cenderung membuatnya merasa tertekan, bahkan tidak segan untuk meninggalkan pekerjaannya. Tipe kepribadian karyawan yang satu ini biasanya cocok dengan jenis pekerjaan yang bertemu orang banyak seperti Front OOffice, Public Relation atau yang lainnya dan jenis pekerjaan yang menuntut banyak interaksi seperti, Sales atau Penjualan. Selain itu pekerjaan yang menuntut kreatifitas tinggi seperti bidang periklanan juga cocok untuk kepribadian tipe ini.

2. Tipe Karyawan Melankolis

Berbeda dengan tipe kepribadian sanguinis yang ceria dan sangat terbuka, tipe kepribadian melankolis cenderung tertutup, pendiam dan serius. Tipe karyawan dengan tipe ini biasanya sangat terorganisir, teratur dan berorientasi pada kesempurnaan. Selalu memperhatikan hal secara detail, dan pemikir adalah salah satu ciri tipe kepribadian ini. Tipe karyawan ini sangat teliti dan memiliki standar yang tinggi dalam melakukan tugasnya, dan memiliki kemampuan analisis yang sangat dalam. Namun di sisi lain, tipe kepribadian melankolis memiliki rasa seni yang tinggi. Kelemahan dari tipe kepribadian ini, akan merasa tertekan apabila diminta untuk mengkompromikan standar pekerjaannya, jika sudah merasa tertekan biasanya karyawan tipe ini cenderung menarik diri, menyalahkan diri sendiri. Untuk menghadapi karyawan tipe ini adalah bersikap lembut dan mengimbangi sikapnya yang cenderung rapuh. Karyawan dengan tipe kepribadian ini sangat cocok di tempatkan pada bidang yang memiliki tingkat ketelitian dan detil  yang tinggi seperti, Peneliti atau Ilmuwan, Analis, Akuntan dan Hukum.

3. Tipe Karyawan Plegmatis

Tipe karyawan plegmatis merupakan kepribadian yang mencintai kedamaian dan cenderung menghindari konflik. Tipe kepribadian ini juga merupakan pribadi yang menyenangkan, mampu menangani masalah dengan kepala dingin, tidak mudah dipengaruhi, dan gigih dalam mencapai target yang sudah di kehendakinya. Karyawan dengan kepribadian ini cenderung rendah hati, pendengar yang baik, dan memiliki sifat empati yang tinggi. Namun, kekurangan dari tipe karyawan ini kurang mampu mengambil keputusan, suka menunda pekerjaan, dan mudah tertekan apabila bekerja dibawah target yang mendesak. Jika sudah terterkan, karyawan dengan tipe ini biasanya cenderung akan menghindari pekerjaan tersebut. Untuk menghadapi karyawan dengan tipe kepribadian plegmatis, dengan terus memberikan motivasi dan bimbingan kepadanya. Karyawan dengan tipe kepribadian ini, cocok ditempatkan pada bidang pekerjaan yang menghubungkan banyak orang, seperti Customer Service, Guru, Designer, IT dan Programmer.

4. Tipe Karyawan Koleris

Tipe kepribadian koleris biasanya memiliki karakter dominan,  selalu ingin menjadi pemimpin,tegas, penuh semangat, daya juang yang besar dan sangat optimis. Di dalam pekerjaan, pribadi ini cenderung mementingkan hasil, tangkas dalam mengerjakan segala hal, mempunyai tujuan, dan sangat menyukai tantangan.  Kelemahan kepribadian ini, cenderung tidak sabaran dan cepat marah, suka memerintah, banyak menuntut, dan suka berperilaku kasar. Bersebrangan dengan plegmatis yang menyukai kedamaian, kepribadian koleris cenderung menyukai konfrontasi.  Karakter tipe ini akan merasa tertekan apabila hal – hal yang dikehendakinya tidak berjalan sesuai dengan rencananya, menjalani kehendak yang tidak sesuai dengan keinginannya dan tidak bisa mengontrol segala sesuatu. Cara menghadapi kepribadian ini yaitu dengan membicarakan segala sesuatu dengan to the point dan langsung ke pokok masalah dan tunjukkan keyakinan anda kepadanya.  Pekerjaan yang cocok untuk koleris adalah jenis pekerjaan yang memiliki target waktu atau hasil, pekerjaan yang bersifat menantang atau pekerjaan yang membutuhkan pengambilan keputusan yang cepat, seperti Wirausahawan, Pemimpin Departemen/Direktur, atau pekerjaan di bidang Kemiliteran. (Baca Juga: Proses Rekrutmen)

Seorang karyawan akan memberikan hasil kerja yang optimal, jika Ia berada dalam kondisi lingkungan yang baik dan posisi pekerjaan yang tepat. Selain itu, dengan mengelola karyawan sebagai sumber daya manusia dengan baik, kualitas kerja, produktivitas dan efisiensi perusahaan akan tercapai atau bahkan meningkat.  oleh karena itu, dengan mengetahui tipe – tipe kepribadian karyawan dan cara menghadapinya, maka akan mempermudah untuk membantu karyawan yang memiliki kendala dan menciptakan lingkungan kondusif di lingkungan kerja juga menjaga keserasian antar hubungan sesama karyawan.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Kontak
Hubungi Kami
kontak

JasaRekrutmen.com

Mal Taman Palem lt.2 blok C no.65
JL. Kamal Raya, Cengkareng, RT.13/RW.10, Cengkareng Timur, Cengkareng, Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11730
Phone : 021 - 54352156
Call / Sms : 082113900880