Tahapan Rekrutmen

Tahapan rekrutmen atau biasa juga disebut dengan proses penerimaan karyawan di perusahaan adalah serangkaian proses seleksi para pelamar kerja atau kandidat pencari kerja di suatu perusahaan dengan kualifikasi-kualifikasi dan persyaratan-persyaratan yang telah ditetapkan perusahaan.

Para pelamar tentu saja berharap bisa lolos dalam berbagai tahapan proses perekrutan pegawai, kemudian bisa bekerja di perusahaan yang di idamkan, akan tetapi perusahaan mengharapkan dari berbagai rangkaian tahapan rekrutmen tersebut mereka mendapatkan kandidat-kandidat yang terbaik di bidangnya masing-masing. Nyatanya tidak semua perusahaan mempuanyai tahapan yang sama dalam melakukan proses rekrutmen.

Ada yang melalui tahapan yang banyak dan rumit, ada juga perusahaan yang melakukan hanya beberapa tahapan yang sederhana. Akan tetapi, biasanya semakin besar nama perusahaan maka akan semakin sulit dan rumit dalam proses seleksi karyawan. Dan berikut adalah tahapan yang bisanya ada dalam rekrutmen tenaga kerja.

  1. Seleksi Administrasi

Seleksi administratif adalah semua bentuk berkas-berkas yang dikirimkan oleh para pelamar kerja yang sudah di umumkan oleh perusahaan sebagai syarat dan kelengkapan melamar pekerjaan yang harus di perhatikan (bisa disampaikan langsung ke alamat perusahaan atau bisa juga melalui email perusahaan serta website-website lowongan kerja), kemudai pihak HRD perusahaan akan menyeleksi berkas-berkas tersebut berdasrkan syarat dan kualifikasi perusahaan atas posisi tertentu. Setelah kandidat diras memiliki kualifikasi tersebut maka selanjutnya perusahaan akan dihubungi baik berupa SMS, E-mail atau sebagainya untuk diminta ketersediaanya mengikuti proses seleksi selanjutnya.

Dalam seleksi administrasi biasanya perusahaan melalui berbagai pertimbangan, misalnya mengenai pendidikan minimal, jurusan, perguruan tinggi yang terbaik, lamanya pengalaman kerja dan lain-lain, hal ini dilakukan untuk mensortir kandidat yang benar-benar layak untuk melakukan tahap selanjutnya dalam sistem perekrutan karyawan perusahaan.

  1. Psikotest

Psikotest merupakan tes kepribadaian yang dirancang untuk mengetahui dan memahami karakter seseorang dengan berdasarkan tes psikologi. Psikotest dilakukan umumnya menggunakan tes tertulis dimana para kandidat yang sedang mencari lowongan kerja dihadapkan dengan tes dalam bentuk visual, tulisan, hitungan, atau evaluasi secara verbal.

Psikotest ini adalah tes yang bisa mengukur bermacam kemampuan secara mental dan apa apa saja yang mendukungnya, termasuk prestasi dan kemampuan, kepribadian, intelegensi, dan fungsi neurologis.

  1. Interview HRD

Beberapa perusahaan melakukan interview HRD langsung melalui proses tes psikologi, ada pula yang menunggu hasil tesnya terlebih dahulu baru kemudian akan melanjutkan dengan interview HRD, dalam menghadapi interview para kandidat disarankan untuk sebelumnya melihat berbagai macam informasi yang tersedia di internet mengenai tips sukses interview, Pada tahap ini pihak HRD akan mewawancarai kandidat-kandidat yang pada umumnya berpedoman dari CV yang dikirimkan oleh para pelamar kerja.

  1. Interview user

Setelah tahap interview HRD, jika kandidat lolos maka selanjutnya adalah melakukan wawancara dengan user atau calon atasan. Hal ini dilakukan untuk mengatahui para kandidat apakah cocok dengan pekerjaan yang akan ditugaskan. Pada tahap ini pertanyaan akan lebih cenderung teknis seperti mengenai gambaran dari pekerjaan yang anda lamar.

  1. Medical Check Up

Medical check up atau biasa di singkat MCU adalah serangkaian pemeriksaan kesehatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengetahui ada tidaknya kelainan atau penyakit yang dimiliki calon karyawan. Untuk mendapatkan hasil yang baik disarankan agar selama beberapa hari sebeum tes anda memperbanyak nutrisi dan olah raga yang cukup.

  1. Negoisasi Gaji

Setelah serangkaian tahap telah terpenuhi, maka tahapan yang terakhir adalag negoisasi gaji, pada tahap ini akan terjadi tawar-manawar gaji, seharusnya anda bisa terlebih dahulu mencari referensi gaji standar untuk posisi yang dilamar dan mempertimbangkan biaya pengeluaran lainnya.

Penjelasan diatas merupakan pembahasan mengenai tahapan rekrutmen yang bisanya dilakukan oleh perusahaan, tentu saja setiap perusahaan memiliki pola dan proses yang berbeda-beda sesuai dengan peraturan perusahaan masing-masing, akan tetapi informasi diatas diharapkan bisa membantu anda agar bisa lolos mendapatkan pekerjaan impian anda.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Hubungi Kami
kontak

JasaRekrutmen.com

Mal Taman Palem lt.2 blok C no.65
JL. Kamal Raya, Cengkareng, RT.13/RW.10, Cengkareng Timur, Cengkareng, Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11730
Phone : 021 - 54352156
Call / Sms : 082113900880