Syarat Dan Kelengkapan Melamar Pekerjaan yang Harus Diperhatikan

Syarat melamar pekerjaan – Setelah menyelesaikan berbagai jenjang pendidikan, baik itu SMA, SMK, maupun perguruan tinggi, sebagaian besar kita akan disibukkan untuk melamar pekerjaan diberbagai tempat sesuai dengan keinginan dan kemampuan. Kegiatan tersebut perlu dilakukan untuk mendapatkan kesempatan dalam proses seleksi karyawan karyawan di sebuah perusahaan.

Bila kita cermati, jumlah lowongan perkerjaan yang tersedia dengan jumlah pelamar selalu tidak sepadan terutama lowongan pekerjaan dari perusahaan besar. Perlu adanya usaha lebih untuk dapat memenangkan “kompetisi” tersebut. Oleh sebab itu, mempersiapkan segala sesuatu terkait lamaran pekerjaan perlu dilakukan, salah satunya dengan melengkapi syarat melamar pekerjaan terlebih dahulu.

Ada syarat – syarat yang harus terpenuhi sebelum anda melamar pekerjaan. Pikirkan syarat – syarat melamar pekerjaan tersebut terlebih dahulu yang disajikan dalam artikel ini, sebelum memikirkan tips untuk persiapan yang lain seperti  contoh soal psikotes dan jawabanya maupun tips sukses interview kerja. Karena belum tentu setiap mengirimkan dokumen lamaran pekerjaan kita akan dipanggil untuk mengikuti proses rekruitmen, bisa jadi tidak. Berikut adalah syarat melamar pekerjaan yang harus terpenuhi.

  1. Surat Lamaran Pekerjaan

Surat lamaran pekerjaan menjadi kewajiban pertama yang harus ada dalam dokumen anda. Surat ini menerangkan secara resmi bahwa anda melamar sebuah perkejaan. Anda dapat membaca artikel surat lamaran kerja umum yang baik  dan benar di dalam blog ini. Identitas diri, uraian singkat tentang anda, serta pekerjaan yang anda lamar harus ada dalam surat tersebut. Buatlah surat lamaran pekerjaan hanya dalam satu lembar halaman saja dan perjelaslah bagian pekerjaan yang anda lamar untuk memudahkan bagian HRD perusahaan mengidentifikasinya. Sertakan juga daftar dokumen yang anda serahkan bersamaan dengan surat lamaran tersebut.

  1. Daftar Riwayat Hidup Atau Curiculume Vitae (CV)

Daftar riwayat hidup atau yang lebih familier disebut Curiculume vitae, memuat deskripsi terkait tentang diri kita. Didalamnya berisikan identitas pribadi seperti nama, alamat, tempat tanggal lahir, riwayat pendidikan, riwayat pekerjaan, dll. Di era persaingan untuk mendapatkan perkejaan yang ketat saat ini, muncul tren untuk membuat CV yang terlihat beda dengan lainnya. Dalam membuat CV, sebaiknya di uraikan secara singkat semua riwayat yang dimiliki serta disesuaikan dengan pekerjaan yang di lamar.

  1. Dokumen Pelengkap CV

Dalam daftar ini berisikan berbagai jenis dokumen yang dapat mendukung daftar riwayat hidup antara lain sebagai berikut :

  • Fotokopi Identitas Diri
  • Pas Foto
  • Fotokopi Ijazah
  • Fotokopi Sertifikat pelatihan
  • Surat Keterangan Pengalaman Kerja.

Tidak perlu memberikan dokumen asli dalam lamaran anda, cukup fotokopi satu lembar untuk setiap dokumen pelengkap. Khusus untuk Ijazah dan surat resmi dari lembaga pendidikan, sertakan fotokopi-an yang telah di legalisir. Fungsi legalisir disini untuk menunjukkan keaslian dan sahnya dokumen tersebut. Jika dalam CV tertulis pengalaman kerja, sertakan surat keterangan pengalaman kerja sebagai bukti.

  1. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)

SKCK merupakan surat keterangan catatan kepolisian yang menerangkan kelakuan baik. Sehingga sering juga SKCK ini disebut sebagai surat keterangan kelakuan baik. Kelakuan baik yang dimaksud disini adalah terkait tidak adanya catatan kriminal atau catatan negatif lainnya dari kepolisian. SKCK hanya berlaku selama 6 bulan, jadi perhatikan masa berlakunya surat tersebut pada saat mengirim lamaran. Dalam beberapa lowongan pekerjaan, SKCK bukan merupakan dokumen wajib yang harus dimiliki. Namun, Tetap memberikan fotokopi SKCK yang sudah dilegalisir dapat menjadi nilai lebih dalam surat lamaran anda. Ada contoh surat lamaran kerja sederhana yang dapat anda pelajari dalam blog ini.

  1. Surat Keterangan Berbadan Sehat Dari Dokter

Surat keterangan ini biasanya diperlukan untuk lowongan pekerjaan di pemerintahan, BUMN, BUMD, dan beberapa perusahaan besar. Surat keterangan tersebut bisa didapatkan di puskesmas rumah sakit ataupun praktek dokter pribadi dengan biaya tertentu. Biaya untuk pengurusan surat ini tetap akan dikenakan meskipun anda adalah peserta BPJS Kesehatan (Badan penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan). Hal ini dikarenakan, surat yang berhubungan dengan alasan pribadi tidak termasuk dalam poin pembiayaan BPJS Kesehatan.

Dokumen dan surat – surat itulah yang menjadi syarat melamar pekerjaan. Beberapa lowongan pekerjaan dapat memberikan syarat lebih yang harus dipenuhi. Bacalah dengan teliti penjelasan lowongan pekerjaan tersebut sebelum anda mengirimkan lamaran. Terus mencoba mengirimkan lamaran pekerjaan dan menevaluasi serta memperbaikinya sampai anda mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Hubungi Kami
kontak

JasaRekrutmen.com

Mal Taman Palem lt.2 blok C no.65
JL. Kamal Raya, Cengkareng, RT.13/RW.10, Cengkareng Timur, Cengkareng, Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11730
Phone : 021 - 54352156
Call / Sms : 082113900880