Sistem Perekrutan Karyawan – Definisi, Proses dan Tujuan

Sistem perekrutan karyawan adalah proses penerimaan karyawan yang dilakukan oleh sebuah perusahaan untuk mendapatkan kandidat yang sesuai dengan harapan perusahaan. Banyak sekali model perekrutan sumber daya manusia yang ideal untuk tujuan perusahaan yang diharapkan, perusahaan sebenarnya bukan hanya membutuhkan SDM yang baik akan tetapi lebih dalam dari hal itu, perusahaan membutuhkan aset dan investasi orang-orang yang bermutu untuk kelangsungan hidup perusahaan itu sendiri.

Kemudian, apa saja kah yang dibutuhkan perusahaan ketika akan melaksanakan sistem perekrutan ? setiap perusahaan tentunya ingin proses rekrutmen berjalan dengan baik perusahaan juga memiliki harapan yang besar pelamar kerja atau kandidat terpilih nantinya adalah kandidat yangs sesuai dengan tipe karyawan yang diharapkan perusahaan juga bisa berkontribusi memajukan dan mencapai tujuan perusahaan bersama-sama. Maka berikut adalah sistem perekrutan yang dilakukan oleh beberapa perusahaan:

Sistem Perekrutan Karyawan Secara Offline

Sistem perekrutan yang pertama dibahas adalah sistem perekrutan offline, sistem ini dibilang sudah cukup tradisional dan pada masa sekarang hanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang ingin mendapatkan karyawan dengan cepat. Sistem ini biasanya dengan melalui proses sebagai berikut.

  1. Publikasi lowongan kerja, publikasi lowongan kerja dengan sistem perekrutan tradisional biasnya dengan menempelkan selebaran berisi lowongan kerja berikut dengan persyaratan posisi yang dibutuhkan, tidak lupa dengan mencantumkan nomer telepon yang bisa dihubungi.
  2. Meninjau lamaran yang masuk, bagian ini adalah tugas dari HRD perusahaan untuk meninjau banyaknya lamaran yang masuk kemudian bertugas untuk menseleksinya guna mengikuti tahap berikutnya, biasanya perusahaan menerapkan sistem gugur untuk meminimalisir banyaknya pelamar.
  3. proses selanjutnya adalah dengan melaksanakan tes untuk kandidat kandidat terpilih, perusahaan akan mengadakan tes dengan ketentuan yang berlaku sesuai dengan peraturan perusahaan itu sendiri.
  4. setelah itu perusahaan akan mengadakan tes selanjutnya, bisanya berupa wawancara atau interview, ketika anda ingin melakukan interview diharapkan bisa mempersiapkan pertanyaan yang sering ditanyakan saat interview dan jawabannya dari perusahaan sehingga bisa menjawabnya dengan baik.
  5. Pada tahap akhir, perusahaan akan meninjau latar belakang kandidat yang lolos pada saat interview dan memililih karywan yang paling dianggap cocok mengisi posisi yang kosong.

Sistem Perekrutan karyawan Secara Online

Sama hal nya dengan perekrutan offline, sebenarnya perekrutan online pun mempunya tahapan yang hampir sama, akan tetapi yang membedakanya hanya pada media yang digunakan, beberapa tahapa seleksi dibuat lebih sederhana dengan menggunakan bantuan media daring, berikut contohnya.

  1. Publikasi lowongan kerja, publikasi lowongan kerja dengan sistem perekrutan online biasnya dengan publikasi di web perusahaan atau dengan menggunakan bantuan website-website lowongan kerja, hal ini dianggap lebih mudah karena akan meraup banyak juga kandidat-kandidat yang berada dijangkauan dunia maya, bisa lebih luas, cepat, dan mudah.
  2. Meninjau lamaran yang masuk, bagian ini biasnya sudah terkomputerisasi dengan sistem yang ada di perusahaan, perusahaan hanya tinggal memilih kandidat yang suah dihasilkan sistem, karena sudah tersusun secara otomatis lowongan kerja tersedia bagian apa dan apa saja kriteria yang harus dimiliki oleh kandidat tersebut.
  3. proses selanjutnya adalah dengan melaksanakan tes untuk kandidat kandidat terpilih, perusahaan akan mengadakan tes dengan ketentuan yang berlaku, perusahaan akan mengadakan tes sacara online hal ini bisa menghemat biaya perusahaan dan juga bisa mempermudah para pencari kerja karena tidak usah melakukan mobilitas hanya untuk melaksanakan tes.
  4. setelah itu perusahaan akan mengadakan tes selanjutnya, bisanya berupa wawancara atau interview, ketika anda ingin melakukan interview diharapkan bisa mempersiapkan cara menghadapi interview dari perusahaan sehingga bisa menjawabnya dengan baik.
  5. Pada tahap akhir, perusahaan akan meninjau latar belakang kandidat yang lolos pada saat interview dan memililih karywan yang paling dianggap cocok mengisi posisi yang kosong, kemudiaan akan diadakan penyambutan untuk karyawan terpilih. Baik itu berupa training ataupun development program.

Penjelasan diatas adalah mengenai bagaimana proses dan sistem rekrutmen di kebanyakan perusahaan, semoga artikel ini bisa menjadi bahan pengetahuan yang bermanfaat bagi anda.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Kontak
Hubungi Kami
kontak

JasaRekrutmen.com

Mal Taman Palem lt.2 blok C no.65
JL. Kamal Raya, Cengkareng, RT.13/RW.10, Cengkareng Timur, Cengkareng, Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11730
Phone : 021 - 54352156
Call / Sms : 082113900880