Proses Rekrutmen dan Seleksi

Proses rekrutmen dan seleksi merupakan kegiatan dalam menajemen perusahaan atau organisasi yang melakukan proses pemilihan dari sekelompok pelamar yang paling memiliki kualitas dan kriteria seleksi untuk posisi lowongan kerja tersedia dalam sebuah perusahaan.

Proses seleksi sendiri merupakan langkah-langkah yang harus dilalui oleh perusahaan sampai akhirnya memperoleh keputusan menerima atau menolak karyawan baru yang mencari lowongan kerja. Proses ini berbeda antara satu perusahaan dan perusahaan lainnya, proses tersebut pada umumnya meliputi evaluasi persyaratan, testing, wawancara, dan ujian fisik.

Perusahaan tertentu akan mengharapkan para pelamar yang datang memiliki prestasi yang memuaskan dalam pekerjaanya, perusahaan akan mencari kandidat-kandidat yang sesuai dengan tipe karyawan yang diinginkan untuk menempati posisi yang kosong di perusahaan. Kriteria seleksi pada umumna dapat diarangkum dalam berbagai kategori, misalnya:

  1. Pendidikan

Biasanya perusahaan akan mempertimbangkan pendidikan terakhir para pelamarnya, kesesuaianya dengan posisi yang dilamar serta perguruan tinggi yang bonafid.

  1. Pengalaman kerja

Perusahaan juga akan mempertimbangkan pengalaman kerja yang sudah dimiliki oleh calon pekerjanya, ketika calon pelamar adalah fresh graduate perusahaan akan mempertimbangkan berbagai organisasi yang sudah diikuti sebagai bahan pertimbangan.

  1. Tes yang mengenai hal-hal yang berhubungan dengan kerja

Kemudian tes akan berlanjut dengan proses tes yang berhubungan langsung dengan cara kerja teknikal dari jenis pekerjaan yang ditawarkan , perusahaan akan berusahan menilai bagaimana cara mengatur karyawan yang efektif untuk menempatkan seseorang yang tepat dengan jenis pekerjaan yang ditawarkan.

  1. Pusat pelatihan

Beberapa perusahaan juga kadang menggunakan jasa rekrutmen tenaga kerja dan pusat pelatihan untuk menggembleng calon karyawanya agar benar-benar tahu karakteristik dan kemampuan dari orang yang mereka pilih, perusahaan bahkan tidak sungkan untuk mengeluarkan dana berlebih hanya untuk melakukan pelatihan untuk calon-calon karyawanya, karena beberapa perusaan beranggapan bahwa karyawan merupakan aset terbesar yang dimiliki oleh perusahaan.

  1. Biodata

Perusahaan benar-benar akan mengecek kepribadian anda dari syarat dan kelengkapan melamar pekerjaan yang anda kirimkan sepeti surat lamaran kerja, CV, dan berkas-berkas lainnya. Maka dari itu ketika sedang membuat data diri anda harus benar-benar teliti dan juga paham apa yang anda tulis dalam riwayat tersebut, hal ini sangat penting karena data diri anda adalah pijakan awal ihak HRD dalam menilai anda, mulai dari pendidikan, pengalan kerja, prestasi yang diraih, pengalam berorganisasi, dan juga mengenai kelemahan dan kekurangan anda. Maka sebaiknya sebelum anda menyerahkan data diri anda untuk melamar pekerjaan dipastikan anda menulisnya dengan benar dan jujur.

  1. Referensi

Referensi dari orang terdekat juga menjadi salah satu pertimbangan, misalnya saja dengan menanyakan mantan atasan atau teman dekat anda mengenai sifat dan berbagai informasi tentang anda, yang perlu untuk digaris bawahi adalah jika anda mengirimkan nomor referensi kepada pihak perusahaan yang anda lamar sebaiknya anda memberikan referensi orang terdekat dan bisa diajak kompromi agar bisa menjelaskan mengenai sisi posistif dalam diri anda kepada calon atasan baru.

Sedangkan langkah-langkah dalam seleksi yaitu:

  1. Seleksi berkas-berkas lamaran kerja
  2. Pengisian blanko lamaran
  3. Pemeriksaan referensi
  4. Wawancara pendahuluan
  5. Tes penerimaan
  6. Tes psikologi
  7. Tes kesehatan
  8. Wawancara akhir atasan langsung
  9. Memutuskan diterima atau di tolak
  10. Menempatkan karyawan yang sesuai

Pembahasan mengenai proses rekrutmen dan seleksi diatas semoga bisa membantu anda dan memberikan informasi yang bermanfaat mengenai proses – proses yang biasa dilakukan ketika tahap seleksi kerja di perusahaan, semoga informasi tersebut bermanfaat.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Hubungi Kami
kontak

JasaRekrutmen.com

Mal Taman Palem lt.2 blok C no.65
JL. Kamal Raya, Cengkareng, RT.13/RW.10, Cengkareng Timur, Cengkareng, Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11730
Phone : 021 - 54352156
Call / Sms : 082113900880