Pertanyaan yang Sering ditanyakan Saat Interview dan Jawabannya Terlengkap

Pertanyaan yang sering ditanyakan saat interview dan jawabanya memang banyak sekali, dari mulai pertanyaan mengenai pengenalan diri yang singkat sampai dengan penjelasan yang panjang mengenai hal-hal yang bersifat lebih dekat dengan posisi apa yang anda lamar di perusahaan sebagaimana cara merekrut karyawan yang dilakukan.

Proses itu biasnya bermula dari membuat contoh surat lamaran kerja sederhana sampai dengan mencari contoh soal psikotes dan jawabanya untuk dijadikan bahan pembelajaran ketika akan melaksanakan psikotes, dan berikut adalah contoh-contoh pertanyaan yang sering ditanyakan saat interview dan jawabanya.

Pertanyaan yang Sering ditanyakan Saat Interview dan Jawabannya

1. Ceritakan tentang diri anda?

  • jawaban: ketika anda menghadapi proses penerimaan karyawan baru dalam tahap interview cara yang paling aman adalah mengetaui tips interview yang sudah ada di internet misalnya dnegan mencrritakan dengan singkat mengenai siapa diri anda, dari mulai nama, alamat, latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, dan juga hal-hal yang relevan dengan posisi yang anda lamar.

2. kenapa memilih mengambil kuliah di bidang ekonomi?

  • jawaban: ya, karena dari SMA saya sangat tertarik dengan ilmu ekonomi dan ketika ada kesempatan untuk berkuliah di Ekonomi Unpad saya menjadi lebih suka, saya rasa latar belakang pendidikan saya relevan dengan passion saya.

3. Siapa yang membiayai anda sampai kuliah?

  • Jawaban: Ketika saya masih bersekolah SD hingga SMA saya dibiayai oleh orang tua, akan tetapi ketika sudah menjadi mahasiswa saya mendapatkan beasiswa berupa dana prestasi dan hal itu bisa membiayai kuliah saya hingga lulus.

4. Selain kuliah, apakah anda bekerja pada saat itu?

  • Jawaban: ya, pada saat itu saya freelance sebagai penulis lepas di web tentang pendidikan ekonomi, sesuai dengan jalur keilmuan saya.

5. Selain itu apa saja yang anda lakukan?

  • Jawaban: Saya aktif diberbagai organisasi di kampus, saya mengikuti beberapa diantaranya sepeti organisasi dibidang edukasi dan seni.

6. Apa yang menarik minat anda hingga bisa masuk ke dua organisasi tersebut?

  • Jawaban: untuk organisasi yang bergerak di bidang edukasi pada awalnya hanya mengikuti teman, akan tetapi lama-kelamaan saya sangat menyukai hal tersebut dan lagi saya sangat suka berinteraksi dengan anak-anak yang merupakan fokus utamna organisasinya.

7. Untuk organsisai yang kedua, dibidang seni, apa yang menarik minat anda?

  • Jawaban: Saya memang terlahir dari keturunan orang tua yang suka dengan seni musik, terlebih lagi angklung.

8. Ada berapa bersaudara kakak dan adik anda, ceritakan secara singkat?

  • Jawaban: Saya adalah anak kedua dari dua bersaudara, saya sangat dekat dengan kakak saya yang memiliki selisih umur 4 tahun.

9. seberapa intensitas kedekatan anda berdua?

  • jawaban: Sangat dekat, kita hampir setiap hari bertemu, bertengkar, kemudian berbaikan.

10.  Apakah orang tua anda mendukung anda untuk bekerja disini?

  • Jawaban: Sangat mendukung, mereka sangat berantusias ketika saya mendapatkan kesempatan untuk interview disini.

11. Apa rencana anda untuk 5 tahun yang akan datang?

  • Jawaban: untuk dua atau tiga tahun kedepan saya ingin fokus menata finansial, untuk tiga tahun selanjutnya saya ingin melanjutkan S2 untuk dapat menambah wawasan dan jangkauan keilmuan yang lebih tinggi.

12. Apakah anda sudah memiliki peta rencana yang anda katakan sebelumnya?

  • jawaban: iya, sejak masih kuliah semester pertama itu adalah hal yang saya buat dan bersyukur bisa melewati tahap demi tahap selanjutnya.

13. Selain di bidang ekonomi, ketrampilan apa yang anda miliki:

  • Jawaban: Saya memiliki ketrampilan di bidang musik, saya bisa memainkan beberapa instrumen seperti gitar, piano, dan bass.

14. menurut anda, apa yang dimaksud dengan profesionalitas?

  • Jawaban: mampu untuk memposisikan dan bertanggung jawab atas tugas yang telah diberikan

15. Apa makna hidup untuk anda?

  • Jawaban: Hidup tidak sekedar hanya menghidupi, tapi lebih dalam dari itu, hidup adalah berperan dan berbagi.

16. Apa makna pekerjaan bagi anda?

  • Jawaban: Pekerjaan adalah sebagaimana kita menghadapi hidup, pekerjaan adalah rezeki yang menghasilkan rezeki pula.

17. Apa motivasi anda melamar di perusahaan ini?

  • Jawaban: untuk menghadapi jawaban interview motivasi kerja sebagai contoh anda bisa menjawabnya dengan saya sangat tertarik dengan perusahaan ini karena memiliki individu dan tim yang solid, dan saya ingin sekali bergabung dengan orang-orang hebat tersebut.

18. Apa yang dapat anda berikan kepada perusahaan kami?

  • Jawaban: Sebutkan prestasi-prestasi yang sudah pernah anda dapatkan dan gabungkan dengan praktek bagaimana anda menjalankan proses meraihnya.

19. Apa yang paling menarik dari profesi yang anda lamar?

  • jawaban: Anda hanya perlu menyebutkan tiga sampai empat faktor yang bisa menarik perhatian pewawancara, bahwa sebenarnya anda sangat menyukai pekerjaan ini.

20. Mengapa kami harus merekrut anda?

  • Jawaban: Sebutkan kemampuan-kemampuan yang memiliki korelasi yang saling berhubungan dengan jenis pekerjaan yang anda lamar.

21. Apa kelebihan anda?

  • Jawaban: sebutkan kelebihan-kelebihan anda dalam mengerjakan suatu pekerjaan yang relevan dengan jenis pekerjaan yang dilamar, misalnya anda adalah orang yang disiplin, sangat terorganisir, ulet, dan lain-lain.

22. Apa kelemahan anda?

  • Jawaban: jawab dengan jujur akan tetepi dengan disanggah dengan pernyataan diplomatis, misalnya saya adalah orang yang kurang percaya diri jika berbicara dihadapan orang banyak, akan tetapi saya dalam proses mengatasinya karena hal ini sangat dibutuhkan dalam pekerjaan saya.

23. Apakah anda bersedia lembur jika sudah diterima diperusahaan ini?

  • Jawaban: untuk pertanyaan macam ini, jawablah dengan jujur. jika tidak bersedia hendaknya dengan disertai alasan yang tepat, misalnya memiliki anak yang harus diasuh atau lainnya.

24. Pengalaman apa yang anda miliki dalam bidang ini?

  • Jawaban: jawab se spesifik mungkin dengan latar belakang pendidikan yang anda miliki, disertai contoh yang real.

25. Apakah anda bisa bekerja dalam team?

  • Jawaban: bisa, salah satu alasan saya ingin bergabung disini salah ingin menjadi bagian dari team yang hebat.

26. Apa yang anda cari dalam sebuah pekerjaan?

  • Jawaban: hindari jawaban mengenai stabilitas finansial, hendaknya menjawab dengan misalnya memberitahukan pewawancara anda ingin berkontribusi dan mengamalkan ilmu yang anda tuntut di bangku pendidikan dulu.

27. Menurut anda, apa arti mendalam mengenai posisi yang anda inginkan?

  • jawaban: Sebaiknya anda mencari tahu terlebih dahulu mengenai posisi ini di perusahaan tersebut, karena setiap perusahaan berbeda-beda. berikan jawaban yang berkisar mengenai tugas dan kewajiban.

28. Berapa lama waktu yang bisa menjadikan anda berkontribusi dalam perusahaan ini?

  • jawaban: Jawab dengan realistis dan dengan mempertimbangkan kemapuan anda, misalnya anda menyatakan bahwa anda butuh waktu sekitar 2 bulan untuk benar-benar mengerti organisasi perusahaan.

29. Jika anda diterima di perusahaan ini, berapa lama anda akan berkontribusi?

  • jawaban: Saya ingin selamanya bekerja disini jika perusahaan meras puas dengan hasil kerja saya.

30. Apakah anda memiliki pengalaman keja sebelumnya?

  • jawaban: Saya belum pernah bekerja sebelumnya, tetapi tidak membatasi saya dalam berkontribusi secara total di pesrusahaan ini, karena saya juga aktif di organisasi, hal itu mungkin bisa dipertimbangkan sebagai pengalaman kerja saya juga.

31. Kenapa anda meninggalkan pekerjaan anda yang sebelumnya?

  • Jawaban: sebaiknya anda jangan sampai tersirat menceritakan konflik pribadi dalam perusahaan karena anda akan tidak dianggap loyal oleh pewawancara.

32. Apa yang anda rasakan ketika harus meninggalkan perusahaan anda?

  • Jawaban: Berilah jawaban yang lebih sentimentil daripada hanya menjelaskan karena ikut suami atau pindah domisili, misalnya bagaimana rekan anda yang baik dan tidak akan berteman selamanya.

33. Apa pendapat anda tentang bos anda sebelumnya?

  • Jawaban: hati-hatilah dalam menceritakan ini, kemukakan hal-hal yang positif misalnya apa yang anda sukai dan apa yang anda kurang sukai secara profesional bukan pribadi.

34. Mengapa anda tidak mendapatkan pekerjaan yang lebih baik diusia anda yang sekaran?

  • Jawaban: jawab bahwa inilah alasan anda mencari pekerjaan saat ini, dan jangan sekali-kali bersikap defensif.

35. Berapa gaji yang anda harapkan?

  • Jawaban: Katakan sambil tersenyum, atau dengan trik menanyakan kembali kepada pewawancara berapa kisaran gaji untuk posisi ini diperusahaan ini?

36. Apa target jangka panjang anda?

  • jawaban: Ceritakan dengan detail, ambisi-ambisi apa saja yang ingin anda capai misalnya dalam kurun waktu lima tahun kedepan.

37. Apa target jangka pendek anda?

  • Jawaban: berikan jawaban semisal target anda sekarang adalah ingin di terima di perusahaan ini dengan posisi yang diharapkan.

38. Sudah seberapa jauh pencapaian anda dalam merain cita-cita?

  • Jawaban: berikan jawaban yang positif dan percaya diri bahwa anda telah mencapai satu persatu target hidup anda dan masih dalam proses melanjutkan yang lainnya.

39. Seberapa besar keinginan anda untuk bergabung dengan perusahaan kami?

  • Jawaban: Saya berkeinginan besar untuk bergabung di perusahaan ini karena sudah menjadi cita-cita saya sejak dulu.

40. Apakah ada pertanyaan?

  • Jawaban: Selalu persiapkan dengan baik pertanyaan-pertanyaan apa saja yang akan ditanyakan pada saat wawancara, ini menunjukan antusias dan sikap kritis anda.

Pertanyaan yang Sering ditanyakan Saat Interview dan Jawabannya, Penjabaran diatas adalah bagaimana cara dan cara menghadapi interview  yang merupakan pertanyaan yang sering ditanyakan saat interview dan jawabanya sebagai mana dilakukan oleh perusahan-perusahaan dalam melakukan proses perekrutan pegawai baru, tips interview ini salah satu bentuk kegiatan perusahaan dalam  cara mendapatkan karyawan dan semoga bisa menjadi bahan pengetahuan untuk anda yang sedang mencari pekerjaan.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Hubungi Kami
kontak

JasaRekrutmen.com

Mal Taman Palem lt.2 blok C no.65
JL. Kamal Raya, Cengkareng, RT.13/RW.10, Cengkareng Timur, Cengkareng, Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11730
Phone : 021 - 54352156
Call / Sms : 082113900880