Metode Rekrutmen

Metode rekrutmen adalah suatu proses yang dilaksanakan oleh perusahaan untuk menarik orang-orang pada waktu yang tepat, dalam jumlah yang cukup, dan dengan persyaratan yang layak untuk melakukan proses perekrutan pegawai serta mengisi lowongan kerja di organisasi atau perusahaan. Beberapa organisasi juga biasa menyebutkan bahwa metode rekrutmen merupakan suatu proses usaha untuk mencari dan mempengaruhi tenaga kerja agar mau melamar untuk mengisi lowongan kerja yang ada dalam suatu perusahaan  atau organisasi.

Rekrutmen yang di laksanakan perusahaan memiiki beberapa perbedaan, kadang perusahaan menggunakan Jasa rekrutmen tenaga kerja ataupun langsung menggunakan sumberdaya yang ada di perusahaanya sendiri. rekrutmen harus memiliki pedoman pada spesifikasi pekerjaan yang telah ditentukan untuk mengisi jabatan tersebut, misalnya untuk lowongan admin keuangan kebun jeruk 10 maret 2017, marketing eksekutif, programer, IT, dan lain sebagainya. Spesifikasi pekerjaan harus diuraikan dengan jelas dan gamblang sehingga para pencari kerja dapat mengetahui kualifikasi apa saja yang dibutuhkan untuk mengisi lowongan pekerjaan yang dibutuhkan, misalnya tingkat pendidikan, pengalaman kerja, usia, jenis kelamin, dan kemampuan yang dimiliki.

Sedangkan untuk memudahkan anda mengetahui metode rekrutmen apa saja yang ada, berikut adalah beberapa contohnya dalam sistem perekutan karyawan:

  1. Metode Tertutup

Metode tertutup, adalah pelaksanaan rekrutmen dikalangan terbatas, hanya untuk karyawan dan orang-orang tertentu saja, sehingga lamaran yang masuk tidak terlalu banyak karena info lowongan kerja ini tidak dipublikasi secara masal, seperti misalnya tercantum di website lowongan kerja. Pertimbangan untuk melakukan metode tertutup ini biasanya dikarenakan perusahaan tidak akan terlalu banyak menerima lamaran yang kurang sesuai dan menganggap lamaran yang begitu banyak akan sulit memperoleh karyawan yang baik.

  1. Metode Terbuka

Metode terbuka, merupakan pelaksanaan rekrutmen dimana perusahaan melakukan cara merekrut karyawan yang dilakukan melalui iklan di media masa, misalnya saja sebagai contoh adalah memberikan informasi lowongan kerja di berbagai media koran, website, dan lain sebagainya. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan banyak lamaran, sehingga kesempatan memperoleh karyawan yang baik dan sesuai dengan keinginan perusahaan menjadi berpeluang lebih besar.

Rekrutmen sendiri sebenarnya memiliki dua sumber, berikut adalah penjelasan sumber-sumber rekrutmen yang biasanya dilakukan oleh berbagai perusahaan untuk mendapatkan karyawan yang ideal bisa mengisi posisi yang diinginkan perusahaan. Sumber rekrutmen tersebut terdiri dari:

  1. Sumber Internal

Sumber internal, yaitu tenaga kerja/karyawan yang akan mengisi suatu lowongan kerja yang merupakan sumber daya manusia yang sudah ada dalam organisasi atau perusahaan, sumber intrenal ini biasanya melalui proses cara perpindahan karyawan atau mutasi yang memenuhi spesifikasi dan persyaratan untuk posisi tertentu.

  1. Sumbereksternal

Sumber eksternal. Yaitu tenaga kerja/karyawan yang akan mengisi suatu lowongan kerja yang merupakan sumber daya manusia yang akan mengisi lowongan kerja yang berasal dari luar perusahaan atau organisasi, sumber eksternal ini biasanya diumumkan oleh perusahaan pada beberapa platform baik media cetak maupun media elektronik seperti internet untuk mencari lowongan kerja.

Penjelasan berikut adalah merupakan beberapa metode yang digunakan oleh beyak perusahaan dalam melakukan proses penerimaaan karyawan di perusahaan, sebagian besar perusahaan menggunakan metode tertutup untuk menyaring jumlah pelamar yang memang kompeten di bidangnya untuk beberapa posisi yang mereka cari, akan tetapi tidak sedikit perusahaan juga menggunakan metode terbuka untuk menjaring minat para pencari kerja agar bisa bergabung dengan perusahaan. Semuanya tergantung peraturan yang sudah ada di perusahaan. Informasi ini semoga bisa menambah wawasan anda mengenai proses rekrutmen dan metode-metode yang digunakanya.

 

 

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Hubungi Kami
kontak

JasaRekrutmen.com

Mal Taman Palem lt.2 blok C no.65
JL. Kamal Raya, Cengkareng, RT.13/RW.10, Cengkareng Timur, Cengkareng, Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11730
Phone : 021 - 54352156
Call / Sms : 082113900880