Kelebihan Dan Kekurangan Sistem Rekrutmen Online

Kelebihan dan kekuranagan sistem rekrutmen online – Perkembangan era teknologi informasi saat ini telah mempengaruhi berbagai lini yang ada di dalam masyarakat termasuk juga kedalama sistem perekrutan karyawan. Kebutuhan dan peran penting rekrutmen dalam dunia usaha dan kerjalah yang membuat proses dan cara merekrut karyawan berkembang mengikuti teknologi informasi terbaru yakni internet. Perkembangan rekurtmen karyawan dengan menggunakan internet sering kali disebut sebagai sistem rekrutmen online.

Sistem rekrutmen online merupakan salah satu upaya baru yang relevan dan telah banyak dilakukan oleh berbagai perusahaan saat ini. Dengan adanya sistem rekrutmen online saat ini, sistem rekrutmen offline sudah mulai banyak ditinggalkan oleh perusahaan – perusahaan besar. Sistem rekrutmen offline yang dimaksud adalah sistem rekrutmen yang menggunakan media fisik dan konventional seperti surat kabar, majalah, televisi, banner, spanduk, baliho, dan lain sebagainya. Sistem rekrutmen online beroperasi dengan cara menampilkan segala informasi lowongan kerja secara online melalui media online seperti media sosial, situs atau website info lowongan kerja, Iklan online, dan lainya. Selain informasi lowongan kerja, dengan sistem rekrutmen online ini, pencari kerja juga mengirimkan syarat dan kelengkapan melamar pekerjaan secara online melalui email, formulir dalam situs lowongan kerja, dan lainnya.

Dibalik sebuah sistem yang berkembang dan menawarkan kemudahan pastinya akan dapat ditemui kelebihan dan kekurangan yang terkandung didalamnya. Kelebihan dan kekurangan tersebutlah yang akan menjadi pertimbangan penggunaan sistem tersebut. Sama halnya dengan sistem rekrutmen online, setiap perusahaan yang akan menggunakan sistem tersebut demi mendapatkan tipe karyawan yang diinginkan akan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya terlebih dahulu. Berikut kelebihan dan kekurangan yang ada dalam sistem rekrutmen online.

A. Kelebihan Sistem Rekrutmen Online

  1. Mudah Digunakan

Asalkan ada koneksi internet dan fasilitas penunjang lainnya, setiap proses dalam sistem rekrutmen online bisa langsung digunakan. Untuk perusahaan yang ingin membuat lowongan kerja bisa dilakukan dengan mudah dan praktis apalagi jika menggunakan jasa rekrutmen tenaga kerja. Bagi pencari kerja sendiri, akses untuk melamar pekerjaan juga mudah dengan ikut menjadi member atau anggota dari situs pencari kerja.

  1. Cepat Prosesnya

Kecepatan ini sangat bergantung dengan kecepatan jaringan atau koneksi internet yang dimiliki. Bila informasi yang dibutuhkan sudah lengkap, memasang informasi lowongan kerja dengan sistem rekrutmen online tinggal mengisikan informasi tersebut kedalam status sosial media, website lowongan kerja. Tanpa harus menunggu lama, lowongan kerja tersebut sudah dapat diterbitkan. Bagi pekerja yang akan mengirimkan lamarannya, prosesnya juga mudah tinggal kirim lamaran yang sudah siap ke alamat email yang tercantum dalam lowongan kerja online.

  1. Biaya yang relatif lebih murah

Kemudahan dan kecepatan proses dalam sistem rekrutmen online akan lebih murah dibandingkan dengan sistem rekrutmen lainnya. Biaya yang lebih murah tersebut dikarenakan media promosi dengan harga yang lebih murah dibandingkan memasang lowongan kerja di surat kabar, majalah, tv, dan media offline lainya. Bagi pencari kerja, tidak perlu mengeluarkan ongkos kirim atau biaya transportasi pada saat mengirim lamaran.

  1. Ketidakterbatasan Informasi

Dalam sistem rekrutmen online, informasi dapat diberikan dengan jalas dan sedetail – detailnya. Bandingkan dengan media ofline seperti koran yang mengharuskan setiap detail ditulis dengan singkat dan jelas.

  1. Target yang jelas

Keuntungan yang terbesar dengan adanya sistem rekrutmen online bagi perusahaan adalah lowongan kerja yang ditampilkan dapat lebih luas tersebar serta dapat disesuaikan dengan target pencari kerja melalui layanan yang ada di situs pencari kerja.

B. Kekurangan Sistem Rekrutmen Online

  1. Kerahasiaan

CV dan kelengkapan lamaran yang diberikan melalui media online bisa saja disalah gunakan oleh oknum untuk kegiatan yang negatif bahkan merugikan. Sehingga perlu kewaspadaan untuk memilih situs pencari kerja dan sarana yang aman serta mampu menjaga kerahasiaan anggotanya.

  1. Lowongan Fiktif

Kemudahan dalam membuat lowongan kerja dalam sistem rekrutmen online sering dimanfaatkan oleh orang yang ingin mencari keuntungan dengan melalukan penipuan melalui lowongan kerja fiktif.

Setiap kelebihan dan kekurangan diatas dalam sistem rekrutmen online pastinya akan memberikan dampak tersendiri. Pengelolaan yang baik dan evaluasi dapat mengurangi kekurangan yang ada dalam sistem tersebut. Namun bila dilihat dari segi keuntungan, sistem rekrutmen online memiliki keuntungan yang lebih banyak dari sistem rekrutmen lainya.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , , ,
Hubungi Kami
kontak

JasaRekrutmen.com

Mal Taman Palem lt.2 blok C no.65
JL. Kamal Raya, Cengkareng, RT.13/RW.10, Cengkareng Timur, Cengkareng, Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11730
Phone : 021 - 54352156
Call / Sms : 082113900880