Jawaban Interview Motivasi Kerja Terbaik

Pada banyak perusahaan, peraturan perusahaan mewajibkan untuk melakukan interview pada saat melakukan proses penerimaan karyawan, hal ini dilakukan agar para kandidat bisa menjadi karyawan yang sesuai dengan keinginan user perusahaan dan harapan menjadi tipe karyawan dibutuhkan perusahaan, ada banyak sekali tips sukses interview yang beredar di internet yang dapat membantu para pencari kerja mendapatkan gambaran mengenai apa saja yang harus disiapkan ketika akan melakukan interview kerja, tidak terkecuali untuk mengetahui lebih dahulu jawaban interview motivasi kerja.

Jawaban inteview motivasi kerja di perusahan adalah salah satu jawaban yang sering sekali ditanyakan pada saat proses interview baik di perusahaan BUMN maupun di kalangan swasta dan berikut adalah pembahasan mengenai jawaban apa yang seharusnya anda lontarkan kepada pewawancara ketika mereka menanyakan motivasi apa yang menarik minta anda untuk bekerja di perusahaan tersebut.

Jawaban Interview Motivasi Kerja 

Ketika anda dihadapkan dengan pertanyaan “Apa motivasi anda bekerja di perusahaan ini” ada banyak alternatif jawaban, akan tetapi sebaiknya jawaban yang dilontarkan adalah jawaban yang jujur sesuai denga apa yang anda ingin capai. Akan tetapi pernyataan yang jujur ini harus juga diimbangi dengan kesan yang positif pada pewawancara. untuk lebih matang dalam menjawab pertanyaan ini anda sebaiknya mempertimbangkan pekerjaan yang misalnya sudah pernah anda lakukan di perusahaan sebelumnya, seperti:

  • Apa saja kejadian baik yang pernah anda alami saat bekerja
  • Kapan waktu yang benar-benar membuat anda nyaman dan sangat menantikan waktu tersebut ketika sedang berada di kantor.
  • Kapan anda merasa sangat bahagia ketika bisa pulang kerumah dengan membawa kenangan kejadian baik apa saja yang terjadi seharian tadi di kantor, dll

Saat Anda menjawab pertanyaan ini, kuncinya adalah berkata jujur, namun juga berikan kesan positif pada perawancara. Saat Anda termotivasi karena mendapatkan gaji bulanan secara teratur, sebenarnya jawaban ini tidak terlalu difavoritkan dari sudut pandang pewawancara. Untuk mempersiapkan jawaban ‘Apa motivasi Anda?’ saat wawancara kerja, pikirkanlah tentang pekerjaan yang sudah pernah Anda pegang sebelumnya:

  • Apa yang terjadi selama hari-hari terbaik Anda?
  • Kapan saat-saat yang paling Anda nantikan ketika berada di kantor?
  • Kapan Anda merasakan pulang ke rumah dari tempat kerja dengan banyak cerita, merasa bersemangat dan berenergi?

Ketika memiliki jawaban yang sangat personal seperti, senang karena bisa memenangkan proyek, suksesnya pertemuan dengan klien, dapat mempelajari ketrampilan baru, dan bertemu dengan relasi-relasi yang sangat luar biasa hebat. Anda bisa mengingat kejadian-kejadian seperti tadi ketika akan menjawan pertanyaan mengenai motivasi kerja anda bekerja di perusahaan. Disamping itu anda juga harus mempertimbangan kemampuan yang dibutuhkan dan relevan dengan posisi yang anda lamar. Jika anda melamar untuk posisi Accounting, berilah jawaban yang memilki korelasi dengan latar belakang anda, misalnya tentang ketelitian anda dalam bekerja, betapa terorganisisrnya anda dalam melakukan suatu pekerjaan, dan lain-lain sebagainya.

Sebagaimana banyaknya profesi yang berkembang di dunia kerja saat ini, beberapa contoh berikut mungkin bisa dipertimbangkan untuk menjawab pertanyaan mengenai motivasi kerja di perusahaan:

  • Saya sangat menyukai dan bangga jika bisa menjadi dan terlibat di sebuah tim yang memiliki anggota orang-orang yang kreatif dan memiliki ide-ide yang diluar kebiasaan.
  • Saya senang memberikan presentasi di depan umum, ada sebuah kepuasan jika dapat melihat audiens yang dapat merespon ide-ide saya, hal ini yang memberikan dorongan terbesar saya ingin menjadi bagian di perusahaan anda.
  • Saya beberapa kali sudah mendapatkan tawaran dari perusahaan lain untuk bergabung, akan tetapi saya belum bisa menerima tawaran tersebut karena ingin sekali bergabung dengan perusahaan yang anda pimpin. walaupun kesempatanya lebih kecil tapi saya masih penasaran dan sangat tertarik ingin bekerja disini. bukankan sebuah cita-cita akan lebih mearik ketika diperjuangkan terlebih dahulu walaupun memiliki kemungkinan yang kecil darpada harus menyerah dengan kegiatan yang tidak kita minati walaupun mendapatkanya lebih mudah.
  • Saya termasuk orang yang mandiri dan memiliki ambisi yang tinggi, saya berorientasi pada hasil yang sempuran. hal ini mungkin relevan dengan posisi sebagai manajer seperti yang dibutuhkan perusahaan anda.

penjabaran diatas adalah beberapa contoh jawanan interview motivasi kerja, tulisan diatas bisa menjadi rujukan ketika anda ingin mengetahui cara menghadapi interview di perusahaan-perusahaan, semoga pembahasan tersebut dapat bermanfaat dan menjadi pengetahuan baru bagi anda.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Hubungi Kami
kontak

JasaRekrutmen.com

Mal Taman Palem lt.2 blok C no.65
JL. Kamal Raya, Cengkareng, RT.13/RW.10, Cengkareng Timur, Cengkareng, Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11730
Phone : 021 - 54352156
Call / Sms : 082113900880