Contoh Rekrutmen dan Seleksi

Rekrutmen dan seleksi merupakan salah satu fungsi dari manajemen sumber daya manusia atau SDM, proses dan hasil dari aktivitas seleksi berhubungan dan mempengaruhi proses dan hasil fungsi-fungsi lain dari manajemen sumber daya manusia: manajemen penggajian, manajemen penilaian kinerja, dan terutama manajemen pelatihan dan pengembangan. Contoh rekrutmen dan seleksi sendiri akan berbeda di setiap perusahaan, sistem ini akan berlaku sesuai dengan peraturan perusahaan masing-masing. dan berikut adalah contoh dari rekrutmen dan seleksi.

1. Proses Rekrutmen

Pada kebanyakan perusaaan yang sedang mencari karyawan untuk menempati posisi di perusahaan, mereka akan membuka info loker baik secara internal ataupun eksternal. banyak perusahaan yang membuat informasi lowongan kerja yang mereka miliki tersebar luas di internet untuk menjaring kandidat-kandidat terbaiknya. berikut adalah contoh proses rekrutmen yang dilakukan oleh perusahaan.

  • Perusahaan atau organisasi yang membukan lowongan kerja tersedia dan  memasang iklan lowongan kerja di berbagai media, baik media cetak maupun media elektronik seperti koran, majalah, tabloid, atau di radio, banyak pula perusahaan yang membuka lowongan kerja dengan menggunakan jasa rekrutmen pegawai.
  • Beberapa perusahaan besar demi mendapatkan kandidat yang terbaik bahkan ada yang menggunakan pendekatan langsung ke sekolah, universitas, lembaga-lembaga pendidikan kejuruan atau pusat pusat kursus
  • Melakukan pendekatan internal, jadi proses seleksi karyawan yang dilakukan adalah dengan membidik para karyawan yang ada di perusahaan sendiri yang memiliki kenalan, angggota keluarga yang dapat menjamin kebaikan kerjaan di perusahaan tersebut.
  • Pendekatan yang ketiga adalah dengan proses para pencari lowongan kerja melamar sendiri ke perusahaan-perusahaan yang sesuai dengan keinginan mereka.

2. Seleksi Calon Karyawan

Setiap tahapan seleksi, calon karyawan yang ditolak akan selalu ada sehingga tidak dapat mengikuti tahapan seleksi selanjutnya atau biasa disebut dengan sistem gugur dalam proses perekrutan pegawai di sebuah perusahaan. Namun, setiap perusahaan pasti mempunyai cara dan sistemnya sendiri dan menyeleksi calon karyawan. sebagai contoh rekrutmen dan seleksi  posisi ODP di Bank Mandiri.

  • Interview awal 

Interview ini menggunakan bahasa inggris, dan ketika lulus tahap ini maka pencari kerja akan bisa melanjutkan di tahap berikutnya.

  • Test TOEFL

Test TOEFL yang digunakan adalah tes TOEFL ITP dan IIEF, nilai untuk dapat lolos di tahap ini adalah anda harus memiliki skor lebih dari 500.

  • Aptitude Test

Setelah beberapa tahap itu, maka tahap selanjutnya adalah aptitide test. test ini bisanya berjarak satu minggu dengan tes sebelumnya dan akan di informasikan melalui SMS ke nomor HP.

  • Leaderless Grup Discussion

Ini merupakan test yang mengharuskan para pelamar akan diminta untuk bergabung dalam grup grup kecil sekitar 4 sampai 5 orang untuk bersama-sama memecahkan sebuah permasalahan, diskusi ini sifatnya leaderless jadi jangan menjadi dominan dan bertindak sebagai pemimpin.

  • Medical Check Up

Pada tahap ini, pelamar akan diminta untuk melakukan tes kesehatan secara keseluruhan, dianjurkan untuk sering olah raga dan meminum suplemen sebelum tes kesehatan ini berlangsung.

  • Final Interview Board Directors

Pada tahap ini, pelamar akan di interview langsung oleh salah satu direksi. dan ketika tahap ini berhasil dilewati maka  anda akan bisa bergabung dengan Bank Mandiri.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Hubungi Kami
kontak

JasaRekrutmen.com

Mal Taman Palem lt.2 blok C no.65
JL. Kamal Raya, Cengkareng, RT.13/RW.10, Cengkareng Timur, Cengkareng, Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11730
Phone : 021 - 54352156
Call / Sms : 082113900880