10 Cara Untuk Menjadi Karyawan Tetap di Perusahaan

Cara menjadi karyawan tetap – Menjadi karyawan tetap merupakan keinginan dan harapan banyak pekerja kontak di berbagai perusahaan. Dengan menjadi karyawan tetap mereka berharap akan mendapatkan masa depan dan jaminan hidup yang lebih baik. Secara deinisi, karyawan tetap adalah karyawan yang secara sah diangkat oleh perusahaan untuk terus bekerja dengan perusahaan tersebut tanpa batasan waktu tertentu. Keputusan penetapan karyawan tetap bergantung pada peraturan perusahaan yang telah disetujui bersama. Aturan penetapan karyawan tetap harus tercantum dalam peraturan perusahaan.

Makin banyaknya perusaaan yang menerapkan sistem kerja kontak dan outsourcing, membuat perusahaan melakukan seleksi terhadap tipe karyawan yang akan direkomendasikan menjadi karyawan tetap. Bagi karyawan, hal ini membuat kompetisi untuk menjadi karyawan tetap semakin sengit. Namun, sebelum anda berharap menjadi karyawan tetap ada baiknya untuk mengetahui aturan pengangkatan karyawan tetap di perusahaan anda. Beberapa aturan yang biasanya ditetapkan untuk pengangkatan karyawan tetap adalah sebagai berikut :

  1. Pengangkatan Langsung

Yang dimaksud pengangkatan langsung disini adalah karyawan yang dari awal masuk perusahaan tersebut, dalam perjanjiannya tidak disebutkan sebagai karyawan kontrak. Surat perjanjian yang digunakan adalah perjanjian kerja waktu tidak tentu (PKWTT). Namun biasanya ada persyaratan yang dimasukkan dalam perjanjian tersebut, yakni masa uji coba atau probation. Masa uji coba ini dimaksudkan untuk melakukan test lanjutan terkait kelayakan karyawan tersebut. Apabila setelah berakhir masa uji coba tersebut karyawan dianggap layak maka akan langsung menjadi karyawan tetap. Masa uji coba ini dapat maksimal berlangsung selama 3 – 6 bulan. Untuk pengangkatan langsung, HRD perusahaan pastinya memiliki cara mendapatkan karyawan dengan seleksi yang lebih ketat.

  1. Pengangkatan Tidak Langsung

Pengangkatan tidak langsung adalah pengangkatan yang dilakukan oleh perusahaan bagi karyawan kontak. Surat perjanjian sebagai karyawan kontrak disebut sebagai perjanjian kerja waktu tertentu (PKWT). Menurut aturan yang berlaku, kontrak kerja berlangsung maksimal selama satu tahun dan dapat diperpanjang satu kali. Selama proses kontak tersebut perusahaan dapat memutuskan apakah akan menjadikannya karyawan tetap atau tidak melanjutkan kerjasama saat perjanjian kontrak kerja berakhir. Bagi pekerja untuk posisi bawah yang memulai dengan sistem outsourcing, maka sebelum menjadi karyawan tetap akan diangkat dulu menjadi karyawan kontak.

Setiap perusahaan memiliki aturan sendiri terkait dengan cara untuk menjadi karyawan tetap ini. Sebagai karyawan yang baik, sebaiknya menanyakan perihal ini pada saat proses perekrutan pegawai. Biasanya, saat tahap interview kerja akan diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan. Ajukan pertanyaan terkait status karyawan dan cara untuk menjadi karyawan tetap. Selain mengetahui aturan yang berlaku, berikut beberapa tips yang dapat digunakan sebagai cara untuk menjadi karyawan tetap.

  1. Taati Peraturan Perusahaan

Setiap perusahaan pasti memiliki peraturan yang harus ditaaat, aturan tersebut dapat tertulis maupun tidak tertulis. Aturan yang tidak tertulis biasanya berupa norma atau kebiasaan yang terjadi di lingkungan perusahaan. Dengan mentaati segala peraturan yang ada diperusahaan, anda akan dapat menjadi salah satu karyawan yang disukai oleh atasan dan rekan kerja. Selain itu, dengan mentaati peraturan anda akan memperoleh penilaian positif dari bagian HRD dan personalia.

  1. Bersikap Jujur

Jujur adalah salah satu sikap yang akan menentukan kinerja anda dalam bekerja. Dengan sikap jujur tersebut, seorang karyawan akan dinilai sebagai orang yang dapat dipercaya. Dengan begitu, setiap pekerjaan yang dikerjakan oleh karyawan tersebut selalu mendapatkan penilaian positif. Sikap jujur ini harus ditunjukkan melalui ucapan dan perbuatan.

  1. Sabar Dan Menahan Diri

Sabar dalam hal ini terkait dengan kesabaran untuk menunggu proses pengangkatan. Karena setiap perusahaan pasti akan mempertimbangkan segala aspek dari karyawan yang akan dijadikan tetap. Jangan terburu – buru untuk terus menanyakan terkait status karyawan. Dalam kesabaran itu, usahakan untuk selalu mencari informasi terkait dengan berapa lama biasanya perusahaan mengangkat seorang karyawan menjadi tetap.

  1. Inovatif

Menjadi karyawan yang inovatif dalam setiap pekerjaannya, akan membuat atasan merasa membutuhkan kinerja karyawan tersebut. Dengan adanya kebutuhan perusahaan terhadap karyawan yang inovatif, akan membuat perusahaan mempertimbangkan untuk memperkerjakan karyawan tersebut selamanya di perusahaan dengan mengangkatnya menjadi karyawan tetap.

  1. Dapat Memberikan Pengaruh Positif Bagi Perusahaan

Pengaruh positif yang bisa anda berikan diantaranya, mampu mengerakkan karyawan lain untuk bekerja dengan baik. Selain itu, memberikan masukan yang baik untuk perusahaan juga dihitung sebagai pengaruh positif tersebut. Dalam memberikan pengaruh positif, karyawan harus bersikap hati – hati dan penuh pertimbangan, agar setiap hal yang dilakukan tidak menimbulkan kerugian bagi perusahaan.

  1. Berani Berbicara

Dengan bersikap berani berbicara baik terhadap rekan kerja ataupun atasan, maka seorang karyawan akan mampu memperlihatkan eksistensinya di perusahaan. Berani berbicara ini juga dapat dilakukan untuk menanyakan status karyawan dan melakukan negosiasi untuk pengangkatan menjadi karyawan tetap.

  1. Loyal Terhadap Perusahaan

Karyawan yang baik bagi perusahaan adalah karyawan yang loyal terhadap perusahaan. Loyal artinya selalu memberikan perhatian dan tenaganya untuk perusahaan tanpa memperhatikan timbal balik dari perusahaan tersebut. Loyalitas karyawan biasanya dapat dilihat dari seberapa kuat niat dan usahanya bekerja di perusahaan tersebut. Contohnya, bekerja lembur untuk menyelesaikan pekerjaannya tanpa harus diberikan perintah dan tanpa mempertanyakan terkait uang lembur yang didapat.

  1. Tepat Waktu Dalam berbagai Hal

Usahakan selesaikan setiap pekerjaan tepat waktu sesuai dengan perintah yang diberikan. Tepat waktu juga berkaitan dengan ketepatan karyawan untuk selalu datang ke kantor sesuai dengan aturan yang berlaku. Dengan datang tepat waktu sesuai jam kerja, maka karyawan akan dinilai positif oleh HRD dan personalia.

Cara – cara diatas sebagian besar berasal dari sikap pribadi karyawan itu sendiri. Jika ingin mendapat pengangkatan sebagai karyawan tetap, ubahlah semua sikap dan kepribadian anda sesuai dengan keinginan atasan dan perusahaan. Sikap tersebut harus dilakukan dari proses penerimaan karyawan dan setelahnya. Namun, semua itu akan kembali lagi kepada keputusan dan aturan yang berlaku dari perusahaan tersebut. Bila anda sudah memberikan kontribusi yang besar terhadap perusahaan, beranilah berbicara terkait status karyawan anda. Bila segala upaya yang sudah diberikan tidak mendapat tanggapan positif dari perusahaan, carilah perusahaan lain yang mau menjadikan anda karyawan tetap.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Hubungi Kami
kontak

JasaRekrutmen.com

Mal Taman Palem lt.2 blok C no.65
JL. Kamal Raya, Cengkareng, RT.13/RW.10, Cengkareng Timur, Cengkareng, Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11730
Phone : 021 - 54352156
Call / Sms : 082113900880