Cara Menghadapi Interview dan Cara Menjawabnya Terlengkap

Dalam mendapatakan pekerjaan setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya proses seleksi karyawan sepeti tes tulis, psikotes yang bisa dilihat dalam artikel contoh soal psikotes dan jawabannya, dan lain-lain. Salah satu tahap yang paling krusial dalam serentetan tahap seleksi adalah interview kerja, pada tahap ini kebanyakan orang selalu mempersiapkan dengan matang pertanyaan dan jawaban apa yang mesti dilontarkan kepada pewawancara sebagai cara menghadapai interveiw kerja.

Dalam kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana cara sukses dan jawaban interview motivasi kerja, dan bagai mana tips-tips yang ampuh serta cara menghadapi interview kerja.

1. Melakukan Riset Tentang Perusahaan 

Cara menghadapi interview yang paling mendasar dari tahap awal interview kerja adalah mencari tahu dan mengenal lebih dekat dengan perusahaan yang akan melakukan proses interview, cari tahu juga mengenai peraturan perusahaan mengenai seleksi karyawanya, banyak sekali di internet informasi mengenai perusahaan bisa berupa web resmi dari perusahaan itu sendiri ataupun melalui cerita-cerita orang lain yang dituliskan dalam blog pribadi.

Bekal dari mencari tahu tentang seluk beluk perusahaan misalnya visi misi dari perusahaan, jenis bisnis yang di geluti, sejarah singkat, dan pemangku jabatan dari perusahaan tersebut. Hal ini dapat menjadi nilai tambah bagi pewawancara karena kita akan dianggap sangat tertarik ingin bergabung dengan perusahaan tersebut secara serius.

2. Mempersiapkan Perkenalan Singkat Diri Anda

Cara menghadapi interview selanjutnya adalah tidak ada salahnya untuk membuat list lengkap apa saja yang akan anda bagikan kepada pewawancara ketika dipersilahkan untuk memperkenalkan diri secara singkat. Sebelumnya mungkin bisa dituliskan dalam secarik kertas misalnya nama, lulusan dari perguruan tinggi mana, fakultas dan jurusan apa, usia, pengalaman kerja jika ada, bisa juga menceritakan tentang hobi yang memang relevan dengan pekerjaan yang dilamar.

3. Memakai Pakaian yang Rapih dan Pantas

Ketika bertemu dengan orang baru, penampilan tentu saja bisa jadi daya tarik pertama orang yang melihat kita, begitupun dengan pewawancara. Penampilan yang sopan, rapih, dan pantas akan menjadi nilai tambah apalagi jika dalam wawancara untuk pekerjaan seperti Front Liner atau semacamnya, penampilan dan gestur tubuh bisa jadi penilaian pada saat melakukan proses seleksi karyawan pada perusahaan walaupun masih dalam tahap wawancara.

4. Sarapan atau Makan Siang Terlebih dahulu

Untuk mempersiapkan wawancara, kita harus dalam kondisi yang baik dan fit. Sangat disarankan untuk sarapan terlebih dahulu juka wawancara berlangsung di pagi hari, atau makan siang ketika dilaksanakan di siang hari. Perut yang terisi dengan baik akan memberikan semangat dan tenaga sehingga ketika melakukan wawancara kita terlihat tidak pucat dan akan nampak bersemangat.

5. Meminta Restu dan Izin dari Orang Tua

Cara menghadapi interview bagian ini memang mengenai persiapan yang lain. karena salah satu faktor tidak langsung dari sebuah kesuksesan adalah sentuhan doa dan restu dari orang tua, begitupun kesuksesan dalam pelaksanaan interview kerja.

6.Datang Tepat Waktu

Ketepatan datang pada waktu pelaksanaan interview juga akan menjadi salah satu penilaian tes kerja para perekrut tentu saja ingin mendapatkan orang berkualitas dengan cara merekrut karyawan dengan benar, datang tepat waktu bisa mengjadikan kita dinilai menghargai waktu dan disiplin terhadap pareturan. Para interviewer akan sangat  tidak respect kepada orang yang datang telat pada saat interview kerja, karena hal ini bisa juga mengindikasikan kurang disiplinya orang tersebut ketika sudah mendapatkan pekerjaan.

7. Memberikan Salam dan Menjabat Tangan Pewawancara

Pola atau tingkah laku kesopanan dalam masyarakat Indonesia yang masih dijaga dengan baik juga mempengaruhi sebagian besar pewawancara dari perusahaan-perusahaan besar untuk menilai manner atau perilaku kesopanan dari cara bertemu dengan orang baru. Penggunaan sapaan seperti “Selamat Pagi” atau “Selamat Siang” bisa menjadi nilai tambah dalam hal ini, begitupun dengan menjabat tangan pewawancara ketika berkenalan di awal, cara ini bisa menunjukan profesionalitas kita.

8. Menunjukan Semangat bekerja

Ketika melakukan wawancara, sebaiknya kita sudah mengetahui betul tentang perusahaan dan jenis pekerjaan kita dari riset diawal, menunjukan semangat untuk bisa bergabung dan ingin sekali bekerja dalam perusahaan bisa dilakukan dengan penjabaran secara profesional mengenai apa saja yang akan dilakukan ketika sudah ditrima bekerja nanti.

9. Mengajukan Pertanyaan Balik untuk Pewawancara

Sikap ingin tahu yang besar tentu tidak dimiliki oleh banyak orang, bertanya kepada pewawancara pada saat melakukan interview bisa diartikan bahwa kita ingin mengetahui dan antusias terhadap pertanyaanya atau bisa dinilai sebagai pribadi yang kritis.

10 Menunjukan Sikap Percaya Diri dan Sopan 

ketika menghadapi interview kerja kita sangat tidak dianjurkan bersikap arogan dan sombong, kita seharusnya bisa bersikap sopan tapi tetap percaya diri dengan kemampuan yang dimiliki. perpaduan akan sikap kepercayaan diri yang tinggi terhadap kemampuan yang dimiliki dan kesopanan adalah nilai yang sangat penting.

Penjabaran diatas merupakan kiat, tips, dan cara  wawancara kerja dengan sukses. semoga artikel berikut bisa membantu anda dalam menghadapi proses penerimaan karyawan di perusahaan dalam tahap interview kerja. semoga hal ini bisa menjadi acuan dan bahan ajar untuk anda bisa diterima diperusahaan impian.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Hubungi Kami
kontak

JasaRekrutmen.com

Mal Taman Palem lt.2 blok C no.65
JL. Kamal Raya, Cengkareng, RT.13/RW.10, Cengkareng Timur, Cengkareng, Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11730
Phone : 021 - 54352156
Call / Sms : 082113900880