Cara Menggaji Karyawan Yang Benar dan Akurat

Cara menggaji karyawan yang benar – Setiap karyawan, pasti ingin mendapatkan gaji yang besar dari perusahaan tempat dia bekerja. Gaji merupakan salah satu aspek pertimbangan seseorang dalam memiliki pekerjaan. Informasi gaji yang diberikan pada setiap lowongan pekerjaan dapat menjadi perhatian khusus dalam menentukan yang diinginkan. Dalam Surat lamaran pekerjaan umum yang baik dan benar, informasi gaji yang telah anda dapat di pekerjaan sebelumnya dapat anda sertakan. Bagi perusahaan, gaji yang diberikan terhadap karyawannya haruslah sesuai dengan peraturan perusahaan dan performa karyawan tersebut. Oleh karena itu, pembicaraan gaji dalam cara merekrut karyawan adalah sesuatu yang harus dan wajib dilakukan. Persetujuan gaji antara perusahaan dan karyawan haruslah disepakati dan ditampilkan dalam surat perjanjian kerja.

Pentingnya sebuah gaji dalam proses bekerja, membuat cara menggaji karyawan yang benar harus dilakukan dengan berbagai pertimbangan yang matang. Karena gaji merupakan hal sensitif yang sangat erat kaitannya dengan performa dan tipe karyawan serta beban keuangan yang didapat oleh perusahaan. Cara menggaji karyawan yang benar ini juga perlu diperhatikan agar tidak menimbulkan kerugian bagi dirinya. Berikut adalah beberapat pertimbangan yang harus diperhatikan dalam menggaji karyawan yang baik :

  1. Komponen Gaji

Pendapatan atau gaji yang didapatkan oleh karyawan biasanya terdiri dari beberapa komponen yang dapat dilihat dari slip gaji bulanan. Slip gaji bulanan merupakan hak karyawan yang menampilkan komponen serta jumlah pendapatan yang diterima. Beberapa komponen yang umum diantaranya, gaji pokok, uang lembur, tunjangan kesehatan, tunjangan jabatan, tunjangan transportasi, bonus baik bulanan maupun tahunan, serta potongan – potongan yang sesuai dengan peraturan perusahaan. Potongan tersebut dapat berupa iuran BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, potongan keterlambatan masuk kerja, biaya jabatan, hutang karyawan terhadap perusahaan, dan lainnya.

  1. Jumlah Gaji yang seseuai

Jumlah gaji karyawan dapat ditentukan dengan memperhatikan faktor – faktor yang ada. Jumlah gaji karyawan dapat terus berubah sesuai dengan peraturan perusahaan. Jumlah gaji tersebut bersifat rahasia, artinya gaji seorang karyawan hanya diketahui oleh HRD dan karyawan itu sendiri. Jumlah gaji yang didapatkan setiap karyawan akan berbeda beda tergantung dari faktor penentunya. Beberapa faktor yang dapat menjadi penentu terkait penentuan jumlah gaji tersebut diantaranya sebagai berikut :

  • Kualifikasi Pekerja
  • Deskripsi Pekerjaan Karyawan
  • Jabatan dan Tanggung Jawab Karyawan
  • Lama Bekerja Karyawan
  • Performa Karyawan Saat Bekerja
  1. Frekuensi Penggajian

Frekuensi penggajian pada suatu perusahaan umumnya menggunakan sistem bulanan, yakni dengan mencairkan pendapatan karyawan setiap sebulan sekali. Jadwal pencairannya biasanya di awal ataupun akhir bulan. HRD perusahaan harus menentukan rentang tanggal yang dijadikan penentuan gaji karyawan. Contohnya, sebuah perusahaan mengaji karyawan nya setiap tanggal tiga puluh satu (31), rentang yang ditetapkan HRD adalah dari dan ke tanggal dua puluh lima (25) setiap bulannya. Artinya setiap gaji yang diterima oleh karyawan pada tanggal tiga puluh satu tersebut merupakan perhitungan dari kerja karyawan mulai tanggal dua puluh lima sampai dengan tanggal dua puluh lima bulan ini. Penentuan rentang ini perlu diketahui oleh karyawan agar tidak ada kerugian yang didapatkan terutama saat resign atau keluar dari perusahaan.

  1. Peraturan Yang Berlaku Terhadap Gaji Karyawan

Peraturan perusahaan sebaiknya mencantumkan terkait penggajian karyawan ini. Peraturan tersebut digunakan agar karyawan dapat mengetahui dan mentaati peraturan terkait penggajian. Aturan penggajian yang sebaiknya dicantumkan adalah besaran gaji, bonus dan target, tunjangan lainnya,  sistem kenaikan gaji, dan lain – lain. Buatlah bab khusus dalam peraturan perusahaan yang mencantumkan hal – hal tersebut diatas.

Penentuan dan pengaturan gaji karyawan sangatlah diperlukan kehati – hatian, perhatikan berbagai pertimbangan diatas. Setiap perusahaan memiliki kebiasaan dan aturan tersendiri dalam cara menggaji karyawan. Gaji tersebut dapat menjadi pertimbangan sebagai cara memilih karyawan.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Hubungi Kami
kontak

JasaRekrutmen.com

Mal Taman Palem lt.2 blok C no.65
JL. Kamal Raya, Cengkareng, RT.13/RW.10, Cengkareng Timur, Cengkareng, Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11730
Phone : 021 - 54352156
Call / Sms : 082113900880