15 Cara Mencari Karyawan untuk Usaha Kecil yang Tepat

Menjadi sebuah pengalaman yang dilematis ketika anda baru memulai usaha kecil anda yang baru memiliki keuntungan yang belum besar akan tetapi sudah dihadapkan dengn beban kerja yang tidak kecil sehingga memaksa anda pada satu-satunya pilihan yaitu mempekerjakan karyawan.

Banyak sekali hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum menerima seseorang untuk bekerja di tempat usaha kita yang baru, orang tersebut akan menjadi wajah baru  tempat usaha karena mungkin memang hanya dialah seseorang yang menjadi pusat perhatian.Melihat kenyataan diatas kita tidak bisa sembarangan dalam memilih karyawan, reputasi usaha anda bisa tiba-tiba hancur ketika anda salah dalam memilih seorang karyawan.

Cara Mencari Karyawan untuk Usaha Kecil, Apa saja yang harus anda perhatikan saat proses perekrutan karyawan ?

  1. Jelaskan gambaran pekerjaan secara lengkap

Memberikan jobs description dengan jelas merupakan hal yang harus anda lakukan sebelum mempekerjakan seseorang. Jangan sampai dia mninggalkan tempat kerja sebelum menyelesaikan kewajibannya dan jangan sampai anda yang menyelesaikan pekerjaan mereka. Dengan begitu mereka dapat mempertanggungjawabkan kewajibanya dan bisa mempersiapkan diri pada gambaran yang anda berikan.

  1. Gunakan evaluasi standar

Anda dapat menggunakan fomulir berisi daftar pertanyaan mengenai informasi apa saja yang perlu anda ketahui mengenai calan karyawan anda. Hal ini dapat menghemat waktu anda dan lebih efisien untuk melakukan pekerjaan yang sama berulang-ulang.

  1. Uji kompetensi sebenarnya

Setelah anda memilah CV yang masuk dan menyortir karyawan yang anda pikir cukup cakap, hal selanjutnya yang harus anda lakukan adalah mendemonstrasikan  pekerjaan anda dan diikuti oleh karyawan anda. Setelah itu pilih karyawan tersebut yang paling cakap dan bertanggung jawab agar dapat menyelesaikan tugas dengan hasil yang memuaskan.

  1. Mengetahui motivasi karyawan

Apa yang membuat seseorang mau bekerja pada anda, apakah ia memang benar-benar berdedikasi pada usaha anda, ataukah hanya menggunakan tempat usaha anda sebagai batu lompatan bak kutu lompat? Alasan sesungguhnya seorang pegawai bekerja ditempat anda wajib anda ketahui agar anda tidak direpotkan oleh urusan rekrutmen terus menerus dan menghabiskan biaya, tenaga, dan waktu anda. Dengan begitu anda dapat menyelesaikan proyek anda sesuai target.

  1. Anda harus memiliki referensi

Selidiki apakah karyawan anda memiliki catatan kriminal sebelumnya, apa alasan ia keluar dari pekerjaan terdahulunya, apakah ia dulu berprestasi ditempat usahanya dulu. Telpon tempat usahanya dulu bekerja untuk mendapatkan informasi ini. Dengan begit anda akan memiliki referensi yang lebih akurat mengenai karyawan anda.

  1. Rekrut pada basis uji coba

Anda tidak harus langsung mengangkat seseorang untuk menjadi pegawai tetap anda, anda dapat memberinya program magang untuk mengetahui kemampuannya. Anda dapat menerapkan tiga bulan pertamanya bekerja sebagi masa magang baginya. Dengan magang anda dapat mengetahui kemampuannya dan dan tidak harus langsung gaji penuh, anda dapat menaikkan gajinya berangsur-angsur hingga level standar atau UMR selama magang.

  1. Bonus dan insentif

Cara Mencari Karyawan untuk Usaha Kecil yaitu dengan menggunakan metode gaji dengan bonus dan insentif saat karyawan anda menunjukkan prestasi yang melebihi ekspektasi dan target, hal ini akan memberi motivasi kerja yang lebih baik dengan produktifitas tempat usaha yang meningkat. Seseorang dengan gaji tetap cenderung malas saat bekerja karena dia hanya akan digaji dengan nominal yang sama baik ia bekerja lebih giat ataupun tidak

  1. Perhatikan domisili karyawan

Pekerjakan karyawan yang berdomisili dekat dengan tempat usaha anda, jangan sampai anda justru sibuk memikirkan tempat tinggal karyawan di kemudian hari atau bahkan meminta untuk menumpang dirumah anda dan mengajak teman-temannya untuk ikut tinggal. Hal ini akan membuat anda tidak nyaman dan meningkatkan biaya operasional anda.

  1. Jangan menerima karyawan karena kasihan

This is busines, not charity. Anda sedang berbisnis bukan sedang beramal di panti sosial. Jangan berlaku sentimentil pada usaha anda hingga menghilangkan sikap profesionalitas anda. Jangan karena alasan satu keluarga anda lantas merekrut seseorang tanpa memperhatikan kinerjanya. Rasa kasihan hanya akan membuat anda kehilangan objektivitas untuk mengevaluasinya dan menimbulkan kesulitan saat ingin memberhentikannya.

  1. Memahami dan mengikuti hukum ketenagakerjaan yang berlaku

Jangan sampai usaha anda menjadi bumerang karena anda tidak menjalankan usaha anda tidak sesuai dengan hukum yang berlaku. Perhatikan hak-hak karyawan anda yang telah dilindungi oleh undang-undang seperti hak cuti, melahirkan, menyusui, hak istirahat dan sebagainya agar anda tidak berurusan dengan hukum.

  1. Pelajari dasar-dasar manajemen SDM

Mempelajari dasar-dasar manajemen SDM akan membantu anda mengelola SDM yang anda miliki, mengetahui bagaimana cara memotivasi, meningkatkan kinerjanya, memberikan kompensasi dan insentif dan hal lain yang akan berguna untuk masa depan perusahaan anda selanjutnya.

  1. Publikasikan lowongan pekerjaan anda

Perhatikan di media apa nantinya akan mempublikasikan lowongan anda, gunakan media yang paling efisien agar sampai ke calon pelamar. Anda tidak harus menggunakan media berbayar untuk mempubliksikan lowongan kerja anda. Anda dapat menggunakan forum online untuk melakukan hal ini.

  1. Tulis iklan dengan bahasa yang baik

Gunakan bahasa yang baku agar kebutuhan anda akan tenaga kerja dapat dipenuhu oleh pelamar yang membaca deskripsi pekerjaan anda, jelaskan juga gaji dan insentif yang akan anda berikan agar menarik minat pelamar.

  1. Tegas

Jangan terlalu fleksible dalam merekrut hingga anda menjadi tidak objektif. Gunakan instruksi yang tegas agar anda mendapatkan rasa hormat dari karyawan. Dengan begitu anda akan mudah dalam memberikan instruksi kerja selanjutnya.

  1. Jalin komunikasi yang baik

Perlakukan karyawan anda layaknya manusia yang kadang mengalami penurunan kinerja saat sedang memiliki masalah, dengarkan keluhannya dan bantu dalam mencari solusi. Dengan begitu rasa kekeluargaan dalam perusahaan dapat tumbuh sehingga menimbulkan suasana kerja yang nyaman.

Berikut adalah beberapa Cara Mencari Karyawan untuk Usaha Kecil yang akan membantu anda untuk meningkatkan profit usaha anda. Dengan cara ini dijamin anda akan puas dengan hasil pekerjaan karyawan anda karena mereka telah menerapkan cara kerja yang baik.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Hubungi Kami
kontak

JasaRekrutmen.com

Mal Taman Palem lt.2 blok C no.65
JL. Kamal Raya, Cengkareng, RT.13/RW.10, Cengkareng Timur, Cengkareng, Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11730
Phone : 021 - 54352156
Call / Sms : 082113900880