15 Cara memilih Karyawan Terbaik

Memilih karyawan yang tepat untuk suatu perusahaan atau bisnis memang sangat diperlukan, karena kita harus mengetahui apakah kemampuan  yang dimiliki oleh calon karyawan tersebut sesuai dengan posisi yang dibutuhkan atau tidak. Karena potensi yang dimiliki setiap orang berbeda, oleh karena itu dalam memilih karyawan kita perlu melihat potensi dan kemampuan yang dimiliki setiap pribadinya.

Memilih karyawan yang tepat untuk perusahaan atau bisnis  anda merupakan hal yang sangat penting, karena karyawan memiliki peran dan andil yang akan sangat membantu dalam perkembangan perusahaan tersebut. Oleh karena itu, memilih karyawan tidak bisa sembarangan dilakukan. Ada beberapa hal yang perlu anda lakukan untuk memilih karyawan yang tepat, sebagai perekrut anda perlu memperhatikan berbagai hal tersebut untuk mendapatkan karyawan yang tepat. Tentunya, yang bisa membantu perusahaan anda semakin maju.

Cara Memilih Karyawan

Berikut ini adalah cara yang paling efektif untuk memilih karyawan. Maka perhatikan cara – cara berikut ini :

1. Kemampuan Dasar

Kemampuan dasar merupakan salah satu hal yang sangat di butuhkan oleh karyawan dalam melakukan pekerjaan. Hal ini ada kaitannya dengan kemampuan karyawan untuk mengerti, paham, kecerdasan dan juga berfikir secara sistematis. Seseorang karyawan bisa dikatakan capable atau memiliki keahlian jika mereka juga memiliki kecerdasan yang akan di butuhkan oleh perusahaan. Selain itu skill juga merupakan salah satu hal yang diutamakan oleh perusahaan dalam memilih calon karyawan agar pekerjaan yang dikerjakan membuahkan hasil. Karena jika karyawan tidak memiliki kemampuan maka karyawan tidak akan bisa menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Sehingga perusahaan dalam mencari calon karyawan harus melalui beberapa test sebelum melakukan wawancara. Jangan sampai perusahaan hanya mengacu kepada sertifikat atau ijazah yang di miliki oleh calon karyawan. Walaupun sertifikat maupun piagam menjamin tetapi belum tentu sertifikat tersebut sesuai dengan kemampuan yang ada. Jadi harus hati – hati dalam memilih calon karyawan. Maka dengan cara beberapa test sehingga perusahaan bisa menilai apakah orang tersebut bisa menyelesaikan test mendasar tersebut.

2. Potensi

Potensi yang dimiliki setiap orang pada umumnya adalah berbeda – beda, hal inilah yang perlu diperhatikan perekrut untuk mendapatkan calon karyawan yang tepat untuk perusahaannya.  Dari potensi yang dimilikinya, bisa diketahui bidang apa yang cocok untuk calon karyawan tersebut. Hal ini sangat penting, apalagi untuk perekrut yang sedang mencari para calon karyawan untuk banyak posisi. (Baca juga : Proses Rekrutmen)

3. Motivasi

Selain potensi, hal kedua yang perlu ditanyakan pada calon karyawan adalah motivasinya. Dengan mengetahui motivasi dari setiap calon karyawan, perekrut bisa memberikan penilaian. Biasanya orang yang memiliki motivasi yang tinggi, memiliki semangat juang yang tinggi juga. Selain itu dari motivasi calon karyawan tersebut, perekrut bisa memberikan penilaian apakah orang tersebut cocok pada bidang pekerjaan yang dilamarnya.

4. Pengalaman Kerja

Pengalaman kerja dari para calon karyawan, juga bisa dijadikan acuan untuk perekrut. Karena calon karyawan yang sudah berpengalaman pada bidangnya pasti sudah mengetahui seluk – beluk dari posisi tersebut. Calon karyawan yang sudah memiliki pengalaman pastinya sudah memiliki ilmu dari pekerjaan sebelumnya. Namun dalam hal ini, anda bisa membuat pengecualian untuk fresh graduate atau lulusan baru yang belum memiliki pengalaman. Untuk calon karyawan yang belum memiliki pengalaman kerja, anda bisa menanyakan passion yang dimiliki calon karyawan tersebut.

5. Latar Belakang Pendidikan

Latar belakang pendidikan yang dimiliki calon karyawan juga bisa menjadi acuan untuk anda dalam merekrut karyawan tersebut. Dengan merekrut karyawan yang sesuai dengan bidangnya anda bisa mengetahui apakah calon karyawan tersebut cocok untuk menempati posisi yang sedang dibutuhkan. Namun, latar belakang pendidikan tidak bisa dijadikan tolak ukur yang mutlak untuk memilih karyawan yang tepat, karena banyak juga orang yang memiliki passion berbeda. Hal ini bisa anda tanyakan pada sang pelamar, apakah sang pelamar tersebut memiliki keahlian di bidang lain atau seberapa besar minatnya pada posisi yang dipilihnya tersebut.

6. Kreatif

Calon karyawan yang memiliki kreatifitas dengan ditunjukkan kepada perusahaan yaitu melalui kemampuan mereka untuk memecahkan masalah – masalah yang yang di luar kuasa perusahaan sehingga karyawan tersebut akan menjadi karyawan yang lebih efektif lagi dan lebih efisien. Karyawan yang memiliki kreatifitas tinggi maka sudah di jamin bahwa karyawan tersebut bisa berfikir lebih tinggi dan dalam di bandingkan karyawan yang lainnya.

7. Karakter

Karakter setiap orang pasti berbeda – beda sehingga dalam memilih karyawan juga harus memperhatikan karakter yang ditunjukkan seperti perilaku, sopan santun, cara pengendalian emosi dan bagaimana mereka merespon kejadian yang sedang terjadi. Sehingga diperlukannya Test MBTI. Dengan adanya test ini maka karyawan baru akan terlihat dengan bagaimana watak dasar mereka dan bisa dilihat saat kondisi yang normal atau dalam keadaan tekanan.

8. Kejujuran 

Calon karyawan yang dapat di percaya sangat di butuhkan oleh perusahaan, dimana karyawan tersebut bisa diandalkan dalam perusahaan yaitu dengan memiliki tanggung jawab yang benar. Kejujuran ini bisa di lihat dari perilaku karyawan dan juga pengalaman kerja karyawan.

9. Komitmen

Dengan adanya komitmen yang di miliki oleh calon karyawan yaitu dengan adanya rasa sungguh – sungguh dalam bekerja di waktu yang sulit atau yang tidak menguntungkan. Rasa tanggung jawab yang di miliki oleh karyawan akan jauh menjadi pertimbangan jika dibandingkan dengan skill yang di miliki. Orang yang memiliki komitmen yang tinggi akan memiliki nilang plus tersendiri bagi perusahaan tersebut.

10. Kedisiplinan

Calon karyawan yang bisa mentaati budaya dalam perusahaan sehingga bisa bekerja sama dengan tim yang lain nya dan dapat bergaul di lingkungan sekitar. Budaya juga akan menjadi salah satu hal yang penting di perusahaan, karena jika sudah menyatu dengan budaya akan dipastikan bahwa karyawan tersebut layak bekerja di perusahaan tersebut.

Hal – Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Memilih Calon Karyawan

  1. Menyediakan Waktu yang Cukup

Dalam merekrut seorang karyawan, sediakan waktu luang untuk menyeleksi setiap calon karyawan. Jangan terlalu terburu – buru dalam menentukan calon karyawan hanya karena anda sedang membutuhkan seseorang untuk mengisi lowongan kerja tersedia, sebab hal tersebut bisa membuat anda merekrut orang yang salah atau kurang tepat. Jika anda terlalu terburu – buru menentukan pilihan karena merasa sudah bertemu yang cocok dan tidak memberikan kesempatan pada pelamar lain, hal ini akan menyebabkan anda kehilangan calon karyawan yang lebih tepat. Semakin banyak calon karyawan yang melamar pada perusahaan anda, akan menjadi suatu keuntungan untuk anda karena anda bisa lebih leluasa memilih karyawan yang sesuai dengan standar perusahaan, bahkan sebagai perekrut anda bisa meningkatkan kriteria yang ditetapkan perusahaan dengan memilih karyawan yang memiliki kriteria yang lebih tinggi. Oleh karena itu, anda perlu menyediakan waktu yang cukup untuk mendapatkan karyawan yang tepat.

  1. Memahami Potensi yang Diperlukan

Dalam memilih karyawan yang tepat, hal yang perlu anda perhatikan selanjutnya adalah memahami potensi yang diperlukan pada posisi yang akan ditempati oleh karyawan baru tersebut. Dengan mengetahui potensi yang diperlukan untuk bidang tersebut, akan memudahkan anda untuk mendapatkan karyawan yang tepat. Anda bisa mencocokkan potensi yang dimiliki setiap pelamar dengan potensi yang diperlukan pada bidang pekerjaan tersebut.

  1. Memberikan Test untuk Menguji Calon Karyawan

Selain menggali potensi yang dimiliki setiap calon karyawan, memberikan test untuk setiap pelamar juga sangat penting untuk melihat kemampuan para calon karyawan tersebut. Saat ini sudah banyak test yang dapat digunakan untuk menguji para calon pekerja, misalnya psikotest, test ini bertujuan untuk mengetahui ketahan kerja para calon karyawan, atau test kepribadian yang digunakan untuk melihat kepribadian yang dimiliki setiap calon karyawan. Oleh karena itu anda perlu mempersiapkan beberapa test untuk mendapatkan calon karyawan yang tepat.

Setelah mengetahui hal – hal yang  diperlukan dalam proses perekrutan karyawan ada beberapa hal lain yang perlu anda perhatikan pada diri calon karyawan tersebut. Mengenal kepribadian calon karyawan tersebut menjadi hal penting yang juga perlu diperhatikan untuk mendapat karyawan yang tepat.

 

Informasi – informasi tersebut bisa anda dapatkan saat menginterview para calon karyawan atau berdasarkan dari berkas – berkas yang dimiliki calon karyawan, dengan menggali informasi mengenai potensi, motivasi, pengalaman kerja dan latar belakang calon karyawan, anda bisa mendapat kesimpulan apakah kandidat tersebut layak untuk posisi yang dibutuhkan. Dengan demikian anda bisa menemukan orang yang tepat untuk perusahaan anda.

Dengan mempersiapkan  hal – hal yang  diperlukan dalam proses perekrutan karyawan terlebih dahulu, akan memudahkan anda untuk memilih calon karyawan yang tepat bagi perusahaan atau bisnis anda. Jika tidak memungkinkan untuk anda melakukan proses perekrutan karyawan karena keterbatasan waktu dan lainnya, anda bisa mempercayai Jasarekrutmen.com untuk memilihkan calon karyawan yang tepat untuk perusahaan anda.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Kontak
Hubungi Kami
kontak

JasaRekrutmen.com

Mal Taman Palem lt.2 blok C no.65
JL. Kamal Raya, Cengkareng, RT.13/RW.10, Cengkareng Timur, Cengkareng, Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11730
Phone : 021 - 54352156
Call / Sms : 082113900880